Laporkan Penyalahgunaan

Ketoprak Betawi


Ketoprak..nama makanan yang unik. Sudah ada dua daerah yang menggunakan nama ketoprak sebagai nama makanan..yaitu ketoprak ala Betawi..dan bakmi ketoprak ala Solo. Kalau yang dari Solo sich masih nyambung ya..karena konon katanya bakmi ketoprak ini di sajikan cuma ketika ada pentas kesenian ketoprak..makanya..di namakan bakmi ketoprak. tapi..kalau ketoprak Betawi..kurang tau juga sich sejarahya gimana..kok bisa di namakan ketoprak. Soalnya kalau di Jateng ketoprak itru adalah nama salah satu kesenian tradisional yang udah hampir punah kali ya sekarang ini. Ketoprak itu adalah sandiwara yang di lakonkan di panggung2..ceritanya mengenai sejarah kerajaan Jawa2 gitu. Wah..jadi kangen nonton ketoprak..hihi..tapi di mana sekarang ada pertunjukan ketoprak ya..sudah jarang sekali ada..kalau di tempatku di Yogya sich dulu terakhir pas kecil..masih sering ada pertunjukan ketoprak..yaitu ketika peringatan tujuh belasan..hihi. Ya udah dech..karena sudah tidak ada lagi pertunjukan ketoprak..mari kita makan ketoprak saja teman2..ketoprak ala Betawi yang yummy..hihi...* nggak nyambung blas ..*

Ketoprak Betawi ini sebenernya udah sering makan dulu..cuma karena di rumah yang suka cuma aku aja..jadi jarang bikin. Nah kemaren tiba2 kok pengen makan ketoprak..ya udah..bikin aja..seporsi buat diri sendiri. Suami kurang suka..karena katanya karbo semua..nggak ada gizinya...hihi..ya memang..sudah ada lontong..masih pakai bihun rebus pula. Tapi justru menurutku bihun inilah yang membuat ketoprak ini jadi enak dan unik rasanya. Bihun rebus yang tawar..jika kena bumbu kacang yang pedas dan gurih..wuih..kok enak sekali menurutku..hihi. Jadi kadang2 kalau makan ketoprak..ku banyakin bihunnya..kadang2 malah lontongnya nggak aku makan. Tapi karena mau di foto ya tetep pakai lontong sich kemaren..biar otentik..ketoprak Betawi gitu resepnya. Karena bumbu kacangnya juga minimalis..jadi yang menentukan enaknya si ketoprak ini adalah perbandigan gula dan garamnya yang pas..supaya bisa jadi bumbu kuah kacang yang enak. Karena kemaren cuma buat seporsi ya..semua bahan2 ya sedikit aja..kalau mau buat..silahkan di sesuaikan mau bikin berapa porsi gitu ya teman2. Selamat makan ketoprak..^^
Ketoprak ( 1 porsi )

Bahan :
1 buah lontong
Segenggam bihun yang sudah di rebus
1 buah tahu goreng, potong2 kecil
Segenggam taoge yang sudah di seduh
Kerupuk kanji secukupnya
Bawang goreng secukupnya 

Bahan sambal kacang ( 1 porsi ) :
75 - 100 gram kacang tanah, goreng
1 buah bawang putih , goreng sebentar ( atau bisa juga mentah )
3 buah cabai rawit merah
1/2 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
1/4 sendok teh garam ( sesuai selera )
1/8 sendok teh air asam ( sedikit aja )
Kecap manis secukupnya

Cara membuat :
Haluskan bawang putih, cabai dan kacang tanah, tambahkan gula dan garam serta air secukupnya hingga jadi sambal kacang yang sedang kentalnya. Tambahkan air asam dan kecap mains sesuai selera.Koreksi rasa.
Susun bahan2 ketoprak di piring, siram dengan sambal kacang. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng dan kerupuk kanji.....yummy..! ^^


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts