Laporkan Penyalahgunaan

Jadah Bakar


Kemaren..lagi pengen makan jadah bakar..jadi bikin sendiri..mumpung ada pak tukang yang bersih2 rumput di halaman..jadi ada yang bantuin makan..hihi...soalnya di rumah ya cuma aku yang doyan. Bikinnya juga dikit..cuma 1/4 ketan..niat banget ya teman..hihi. Memang..aku sich suka iseng aja..kalau lagi pengen sesuatu ya..bikin aja..walau cuma dikit..buat tombo kangen.

Jadah..adalah jajanan khas Yogya..kalau di daerah lain di sebut uli kali ya. Kalau di Yogya..jadah..biasa bersanding dengan jenang ketan..kayak dodol gitu..untuk sajian di beberapa upacara tradisional atau hajatan Atau sekedar di buat jajanan untuk cemilan sehari2. Dulu ibuku sering bikin jadah juga..kalau ada acara di rumah..misal arisan..dll. Jadah ini..biasanya di makan gitu aja..di iris2. Tapi akan lebih enak sich kalau di makan sama tempe atau tahu bacem..kayak makanan khas di daerah Kaliurang Yogya...di sana banyak yang jual..jadah dan bacem..uenakkk..dingin2 di gunung..makan jadah tempe bacem. Tapi daripada jauh2 ke Kaliurang..kan lebih cepat ya..kalau bikin sendiri di rumah..hihi..kalau cuma mau makan jadah. Soalnya sekarang Kaliurang pun sejak Merapi meletus juga nggak sesejuk dan seindah kayak dulu lagi sich menurutku...juga kurangnya obyek wisata yang menarik di sana..jadi..kalau ke sana kok berasa garing aja..paling2 makan jadah tempe bacem aja yang menarik..hihi.

Nah..karena kemaren belum mbacem tahu tempe...ya sudah..jadahnya di bakar aja...biar tambah gurih. Dan..beneran dech..di makan gitu aja tanpa lauk apa2 udah gurih banget. Apalagi kalau ada serundengnya..wah..tambah enak dech. Di makan anget2 gitu abis di bakar..nyam2..apalagi kelapanya aku pakai banyak..jadi gurih banget jadahnya. Suka jadah juga teman2..yukk bikin sendiri ya..^^
Jadah Bakar

Bahan :
250 gram beras ketan, rendam 1 jam
Santan kurang lebih 150 ml
Daun pandan 2 lembar
1/2 sendok teh garam
100 gram kelapa parut kasar

Cara membuat :
Kukus ketan selama 15 menit
Rebus santan, garam dan daun pandan hingga mendidih, matikan api, masukkan beras ketan, aduk2 hingga santan terserap di ketan ( jadi aron ). Masukkan kelapa parut. Aduk rata.
Kukus lagi selama 30 menit hingga matang.
Angkat, selagi masih panas..segera tumbuk ketan hingga halus. Ambil sedikit jadah, bentuk bulat2 pipih, lalu bakar di atas teflon hingga harum. Sajikan hangat.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts