Laporkan Penyalahgunaan

Gethuk Goreng Gurih



Kemaren nemu singkong bagus2 di pasar di mbah2 yang biasa jualan umbi2..masih fresh..baru nyabut katanya..dan kulit bagian dalamnya pink..wah..enak nich di oleh jadi apa aja..jadi langsung dech beli. Pulang..langsung aku kupas..dan kukus..wah..pegen bikin gethuk..lama nggak bikin gethuk. Tapi ternyata beli 5 ribu aja..dapat banyak banget..nggak mungkin di buat gethuk semua..akhirnya sebagian besar setelah di kukus aku buat singkong krispi..nah sisanya dikit mau aku buat gethuk gitu. Tapi..ternayta..seharian sibuk banget..sampai2 lupa mau bikin gethuknya...padahal sudah aku halusin singkongnya..hihi. Akhirnya sore..aku cek..rasaya masih..oke..nggak asem...aku lanjut olah aja..jadi gethuk goreng..biar lebih enak..karena kalau gethuk manis..paling enak memang kalau fresh..habis di kukus..terus kasih kelapa parut dan gula dan garam..jadi dech gethuk yang hangat dan fresh. Tapi karena udah di udara terbuka sampai sore..jadi aku pikir lebih aman..kalau di buat gethuk goreng aja..dan hasilnya..masih oke..nggak asam..karena singkongnya memang bagus dan kesat..serta mempur banget.

Gethuk goreng...kalau di Jateng bisa manis atau gurih..kalau mau bikin gethuk goreng manis..tinggal di kasih gula dan kelapa serta sedikit garam, lalu di celup adonan   tepung cair, terus di goreng. Kalau gethuk goreng gurih.di sebut lenthuk kalau di Yogya..biasa langsung di goreng tanpa di celup adonan tepung..jadi kayak perkedel singkong gitu. Supaya tidak mudah ambyar..aku tambahin 1 putih telur..hasilnya..semakin enak gethuk gorengnya..renyah dan garing di luar..lembut di dalam..gurih dan enak banget..di cemal cemil pas masih hangat. Bisa juga sich buat lauk..misal buat makan soto..kayak perkedel gitu..rasanya enak banget juga. Oke..ini dia resepnya ya teman2..selamat mencoba jika suka..cemilan murah meriah ini..^^
Gethuk Goreng Gurih

Bahan :
500 gram  singkong kukus, haluskan
2 siung bawang putih, haluskan
1 sendok teh kaldu ayam bubuk / garam sesuai selera
1 senok teh gula pasir
1/4 sendok teh ketumbar
1 butir putih telur
1 batang daun bawang, iris halus

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata.
Bentuk bulat2 pipih , lalu goreng di minyak panas dan terendam.
Goreng hingga matang dan kulit luarnya kecoklatan dan renyah. Sajikan hangat.





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts