Laporkan Penyalahgunaan

Empek Empek Kapal Selam & Keriting


Masih ada satu ekor ikan tegggiri di freezer..kemaren langsung aku buat empek2..soalnya beberapa hari kemaren beli empek2 Ny Kamto..kurang puas makannya..kecil2..hihi. Apalagi Yodha juga udah suka empek2 sekarang..jadi kemaren begitu aku bilang mau buat empek2 buat makan siang..dia langsung semangat..aku mau..mau mi..katanya..hihi. Lagian udah nemu resep andalan buat empek2..yakni resep Ny Liem..jadinya sebenernya kalau mau makan empek2 ya lebih enak bikin sendiri..lebih banyak hasilnya..lebih murah..dan lebih enak. Beneran  lho..resep Ny liem ini enak banget..empuk dan nggak alot empek2nya..lebih enak dari empek2 Ny Kamto...hihi..kuah cukonya juga mantab. Dan yang jelas..satu resep hasilnya banyak..jadi puasa makannya. Resep ini juga bisa di buat aneka macam empek2..kayak kemaren aku bikin kapal selam dan keriting. Cuma..empek2 keritingnya kurang cantik..karena cetakan putu mayangku udah agak jebol bawahnya..hihi. Wah..padahal cuma satu2nya yang aku punya...cari cetakan putu mayang di sini kok susah ya..punya satu itupu di beliiin temen..dulu di Jakarta.

Teman2..ada yang pernah liat cetakan putu mayang atau untuk yuyu ?..Mbok kalau ada yang pernah liat..aku tak nitip..hihi..anti aku tranfer uangnya. Soalnya aku suka sekali putu mayang dan empek2 keriting ini. Walaupun adonan empek2 nya sama..tapi kalau di cetak jadi empek2 keriting rasanya beda ternyata..lebih lembut gitu empek2nya..enak banget. Hemm..bakalan jadi varian empek2 favoritku nich kalau buat..selain kapal selam. Oke dech yang mau makan empek2..yukk bikin sendiri ya..ini dia resepnya..:)

Empek Empek Kapal Selam & Keriting

Bahan Biang :
125 gram tepung terigu protein sedang
250 ml air
1 siung bawang putih yang besar, haluskan
2 - 3 sendok teh garam ( sesuai selera )
1 / 4 sendok teh penyedap rasa
1 sendok teh gula pasir 
2 butir telur

Bahan Utama :
300 gram ikan tenggiri halus
200 gram tepung sagu / tapioka
Telur untuk isian

Cara Membuat :
Didihkan air dan semua bumbu untuk bahan biang. Masukkan terigu sambil di aduk hingga rata. Hati2 jangan sampai gosong. Adonan jadinya kental sekali. Dinginkan.
Uleni adonan biang dengan ikan tenggiri, dan telur hingga halus dan lembut.
Setelah itu, masukkan tepung sagu, aduk rata, tidak perlu di uleni kuat2 ya setelah sagu masuk..supaya tidak keras empek2nya. Adonan yang di hasilkan jadinya kalis dan enak di bentuk2..jika masih sedikit lengket , bisa di tambahkan lagi sedikit tepung sagu. Adonan siap di bentuk.
Didihkan air di panci yang besar. Ambil adonan empek2..bentuk bulat dan pipihkan.Isi dengan telur secukupnya, lalu bentuk seperti pastel, lalu masukkan ke air mendidih..rebus sampai mengapung dan rebus lagi beberapa waktu..sampai benar2 matang semua..adonan maupun telur di dalamnya. ( kira2 20 menit )
Goreng empek2 saat akan di sajikan. Lengkapi dengan ketimun dan kuah cukonya. 
Untuk empek2 keriting, masukan adonan ke cetakan putu mayang, lalau semprot bentuk melingkar kayak kerupuk..lalu rebus juga di air mendidih. Goreng atau bisa langsung di nikmati dengan kuah cuko empek2 keritingnya.

Tips : Mengisi telur adalah bagian yang agak ribet..jika buat pemula..jika mau lebih mudah..bisa di isi telur rebus saja. Jika mau tetep di isi telur mentah, buatlah bentuk empek sudah setengah jadi bentuk pastel berlubang di tengahnya, rekatkan pinggirnya sampai benar2 rapat, sisakan bukaan di ujungnya..dan isikan telur dengan corong dari arah ujung yang terbuka dengan hati2 dan jangan kepenuhan sehingga tidak terkena bagian ujung2nya. Jika telur terkena bagian ujung keluar empek2nya biasanya susah di tutup..jadi telur akan meleber ke mana2. Tapi kalau aku sich lebih suka di isi telur mentah..jadi telurnya bisa menyebar putih telur dan kuningnya..dan jadi cantik begini isian telurnya di dalam empek2..^^


Kuah Cuko 
Jika cuma untuk 2 -3 orang..bikin separonya aja

Bahan :
500 ml air
250 gram gula merah
2 sendok  makan air asam Jawa kental ( dari 50 gram asam yang di lumatkan dengan sedikit air )

Bumbu halus :
8 siung bawang putih
5 buah cabai rawit merah ( bisa di pisah cabenya jika mau sekalian buat anak bikin kuah cukonya )
1/2 sendok makan garam
2 sendok makan ebi yang sudah di sangrai, dan di haluskan. ( yang ini harus pakai ya..soalnya yang bikin kuahnya enak ya ini kuncinya..^^..kalau tanpa ini..kuah empek2nya terasa hambar..^^ )

Cara membuat Saus :
Rebus air dan gula merah. Saring.
Rebus kembali dan masukan bumbu halus dan ebi.
Aduk sampai mendidih.
Jika mau buat sekalian , sisa saus bisa di simpan dalam botol dan di taruh di kulkas.

Empek2 keritingnya..kurang cantik sich..tapi enak banget..jadi lebih lembut empek2nya..kalau di bentuk keriting.





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts