Laporkan Penyalahgunaan

Daging Goreng Bumbu Bacem


Yodha..lagi suka daging..tapi harus di masak sangat empuk..dan berbumbu. Kalau cuma di masak sebentar dan masih keras..ya tetep saja di lepeh2 maemnya. Akhirnya aku selalu cari cara agar dia suka daging..yaitu dengan mencoba berbagai variasi olahan daging..dan sudah berhasil sich..beberapa olahan daging dia suka...seperti empal kelem..pindang daging..brongkos dll. Tapi tau sendiri kan teman2..dia itu sangat moody soal makanan..jadi kalau jenis masakannya itu2 terus gampang bosan..jadi harus kreatif nich emaknya. Apalagi Miss / teachernya di sekolah selalu laporan juga..kalau lunch dia di sekolah lauknya daging..pasti nggak di makan.

Biasalah..catering sekolah gitu jika masak daging mungkin kurang empuk ya..jadinya Yodha nggak mau. Jadi..makan daging ya di rumah aja bisanya dia...hemm..sendainya mau bawa bekal sendiri kali lebih enak ya bisa bawain menu2 favorit dia..kasihan aja sich kalau menu2 di sekolah dia kurang suka..kan sekolahnya full day..jadi harus makan makanan yang bergizi. Tapi Yodha lebih suka makan katering sekolah katanya karena masakannya kan hangat..beda kalau bawa dari rumah kan pasti udah dingin pas luch..dan katanya seru..rame2 sama teman2..dan lauk pauknya sama dengan teman2nya.

Ya sudahlah..ya penting dia mau lahap makan kalau di sekolah. Untungnya sich sekarang catering sekolahnya baru..ganti pengelola..dan aku liat daftar menu2nya sich variatif dan enak2..kata Yodha..katanya ada makanan Turki segala..wah keren ya Kak..mami aja belum pernah makan makanan turki..hihi. Memang di sekolah dia..banyak anak2 ekspatriat dari Turki yang bekerja di Semarang..jadi menunya di sesuaikan juga kali buat anak2 dari Turki tersebut..jadi nggak melulu masakan Indonesia katering sekolah masaknya. Bagus juga sich..biar Yodha terbiasa sama menu2 baru. Katanya kemaren makan salad ala Turki,..enak katanya..hihi..tak tanya rasanya gimana..pokoknya enak Mi..hihi..cuma jawab gitu Yodhanya..^^

Nah..aku nemuin satu lagi menu daging yang di sukai Yodha..yaitu daging goreng bumbu bacem. Dagingnya di ungkep lama dulu dengan aneka bumbu sampai benar2 empuk, lalu di goreng sebentar saja di minyak yang panas..sehingga bumbu2nya cukup terkaramelisasi saja..jadi dagingnya tetep empuk dan lembut..tapi bumbunya jadi lebih menonjol dan gurih banget. Yodha suka banget dech..karena empuk dan berbumbu. Aku dan suami juga suka..tinggal di makan panas panas habis goreng..pakai nasi hangat ngepul dan sambal korek..wuihhh..sedapnya..^^..diet..lupain dulu dech..hihi. Oke..ini dia resepnya ya teman..jika mau coba mungkin..^^
Daging Goreng Bumbu Bacem

Bahan :
500 gram daging sapi yang berlemak, potong2 sesuai selera
2 lembar daun salam
3 cm lengkuas, geprek
1 sendok teh air asam.
1 liter air kelapa.
50 gram gula merah.
1 sendok teh kaldu sapi bubuk
Garam secukupnya

Bumbu halus :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar
4 butir kemiri

Cara membuat :
Campur daging dengan semua bumbu halus dan bahan lain. Masak dengan api kecil hingga daging empuk dan air habis. Angkat daging berbumbu, goreng sebentar saja di minyak panas. Sajikan dengan nasi hangat dan sambal sesuai selera. Yummy...awas..jangan nambah2 nasinya ya..hihi.

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts