Laporkan Penyalahgunaan

Bothok Daun Singkong & Ikan Peda


Biasanya aku kalau bikin bothok aku paling suka pakai kelapa muda aja..sama teri atau udang dan petai mlanding..itu favoritku. Nah kemaren coba aku tambah daun singkong untuk campuran bothoknya..ternyata enak sekali. Apalagi pakai campuran peda..tambah enak dech..walau peda ini menyumbang rasa sedikit asin ya..karena memang ikan asin..tapi justru setelah di campur sama daun singkong jadi agak netral asinnya. Tapi karena takut asin sekali..ikan pedanya cuma aku tambahkan di atas bothoknya..kalau pakai ikan teri ya..langsung saja di campur di adonan.

Untuk membuat bothok daun singkong yang enak..daun singkongnya kalau bisa yang masih muda jadi lemes dan empuk ketika di rebus. Kelapa parutnya juga paling enak pakai kelapa parut yang muda..tapi sudah bisa di parut..istilahnya ya kelapa buat bothok gitu dech..bilang di tukang kelapa di pasar pasti udah tau. Jika tidak suka ikan peda..bisa di ganti teri juga sebagai campuran bothok daun singkong ini. Selamat mencoba ya teman2..jika suka..^^
Bothok Daun Singkong & Peda 

Bahan :
150 gram daun singkong rebus, peras
100 gram kelapa muda parut panjang
2 ekor ikan peda, suwir kasar
1/2 papan petai, potong kecil2
10 buah cabai rawit merah
1 1/2 sendok teh gula merah ( sesuai selera )
Garam sesuai selera ( dikit aja..karena peda udah asin )
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus :
5 buah bawang merah
2 siung bawang putih
3 cm kencur

Cara membuat :
Campur semua bahan dan bumbu halus kecuali ikan peda, aduk rata koreksi rasa udah pas belum gurih dan manisnya. Ambil selembar daun pisang, beri adonan bothok secukupnya, taburkan beberapa suwir ikan peda di atasnya. Bungkus bentuk tum, lalau kukus selama 30 menit hingga matang. Sajikan dengan nasi hangat..yummy..!



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts