Laporkan Penyalahgunaan

Telur Bumbu Bali



Telur..kayaknya bahan yang nggak pernah absen menghuni dapur kita ya teman2. Soalnya memang sangat berguna sich..selain untuk buat aneka cake atau kue2..telur merupakan salah satu stock lauk yang praktis..di kala kepepet..hihi. Jadi..aku selalu nyetok telur di dapur. Misal..nggak kebagian lauk di tukang sayur..yang penting masih ada telur di dapur..udah..ayem dech..bisa masak buat keluarga. Suami dan anak..kebetulan juga pecinta telur..hihi..hampir tiap hari dech makan telur..ntah di sarapan..atau makan malam. Tapi beneran kok..aku juga..kadang2..kalau belum sempat masak apa2..misal buat makan siang sendiri gitu..yang suka bikin aja dadar telur yang praktis..biasa kalau bikin dadar aku tambahin macam2..cabe..bawang merah..daun bawang..kol..dll..bahkan dadar kelapa muda pun enak buatku..hihi. Kalau Yodha dan papinya sich sukanya telur ceplok atau di rebus. Yodha juga gitu..kalau nggak suka lauk yang ku masak..misal aku tawari..mau makan pakai apa..sosis..daging atau telur ?..Pasti jawabnya..telur aja Mi..!..hihi..wah..nurunin papinya dech..dari kecil suka makan telur ..^^

Nah..selain buat stock lauk dadakan..telur ini juga bisa di olah jadi aneka masakan ya teman2..mungkin udang banyak juga olahan telur yang aku posting di blog ini. Nah..kali ini..aku buat telur bumbu Bali. Menu murah meriah..tapi enaknya..nggak kalah sama masakan lain..hihi. Apalagi kalau di buat pedas..wah..bisa nambah2 dech makannya, cukup pakai lauk telur bumbu Bali ini..karena enak sekali..rasanya pedas..dan gurih..karena berbumbu komplet. Tapi..bumbu Balinya versi aku ya teman2..yang udah ku sesuaikan dengan lidah Jawaku..hihi..jadi aku tetep pakai gula merah dan sedikit kecap. Tapi..menurutku sich jadi tambah enak dan sedep. Oke..buat penyuka telur.....*colek mba Tina..yukk bikin  telur bumbu Bali ini..enak dech..tapi masak nasinya jangan berlebih ya..supaya nggak nambah2 maemnya..hihi...soalnya di makan pakai nasi anget yang ngepul..sama kerupuk aja kok ya udah enak banget..selamat makan..^^
Telur Bumbu Bali

Bahan :
5 buah telur rebus, kupas, lalu goreng hingga berkulit
1 sendok air asam Jawa
1 sendok makan kecap manis
1/2 sendok teh kaldu bubuk dan garam secukupnya
1 sendok teh gula merah
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
1 batang serai, memarkan
2 lembar daun jeruk purut

Bumbu halus :
8 buah bawang merah
10 buah cabai merah keriting
5 buah cabai rawit merah ( sesuai selera )
2 siung bawang putih
5 butir kemiri
2 cm jahe
1 sendok teh terasi

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga benar2 matang, masukkan air asam Jawa dan bumbu2 lain kec kecap, serta telur. aduk rata dan masak hingga meresap. Jika takut gosong bisa di tambah 1 - 2 sendok makan air...atau gunakan teflon anti lengket...kemudian di masak dengan api kecil hingga bumbu mengental. Tambahkan kecap, aduk rata dan masak sebentar. Angkat. Sajikan hangat.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts