Laporkan Penyalahgunaan

Sup Bunga Matahari


Kemaren email2 an sama mba Dewi..mba Dewi request resep Sup Bunga Matahari. Hah...sup bunga matahari..?? Sup apaan tuch..aku bilang gitu...soalnya memang aku belum pernah makan dan tau penampakannya gimana..hihi..kudet ya teman2..?..Nggak juga sich..hihi..*biar nggak malu..*..karena setelah aku browsing sana sini..ternyata memang sup bunga matahari ini..adalah sup khas Solo yang lumayan langka..dan nggak banyak di jual kayak masakan khas Solo..lain..tapi cuma ada di acara mantenan ( pesta hajatan pernikahan ). Sup ini biasanya di sajikan sebagai menu pembuka..di pesta2 gitu. Oh..ya wajar dong..berarti kalau daku belum tau ya..hihi..soalnya..kalau banyak di jual...pasti dech aku pernah makan...secara..kalau cuma ke Solo ya lumayan sering lah. Beberapa kali..menghadiri pesta pernikahan di Solo..ya kok belum pernha nemu sup ini..sering nemunya menu steak galantin gitu dech..kalau di pesta2 di Solo. Makanya..pas mba Dewi request resepnya..aku jadi malah penasaran pengen bikin..apalagi setelah browsing liat foto2 sup ini ya cute banget..kayak bunga gitu..akhirnya aku coba juga.

Jadi intinya sup ini..adalah sup kuah bening dengan bumbu minimalis. Nah..isiannya itu yang unik..bukan di campur aduk..kayak sup biasanya..tapi di susun cantik jadi bunga..kayak bunga matahari gitu..sama kayak namanya..tapi isinya sich macam2 banget..jadi..menurutku nggak mirip2 banget sich sama bunga matahari..lha..kalau bungq matahari kan kuning aja ya warnanya..kalau ini isinya warna warni..hihi..cuma kelopaknya dech yang mirip..hihi. Tapi..yang penting..sup bunga matahari perdanaku..lumayan cantik nich..hihi..* muji sendiri..*

Isian sup bunga matahari ini sebetulnya..kayak sup2 lain..yaitu wortel..jagung pipil..kacang polong..sosis dan dua macam jamur..yaitu jamur kuping dan jamur putih. Nah..penyajiannya yang unik..jadi..isian supnya tidak bertebaran..kayak sup biasanya..tapi di susun cantik, di beri adonan ayam cincang halus berbumbu dan di bungkus telur dadar...kemudian di kukus. Baru di sajikan dengan kuah sup. Jadi..ini versi sup yang *mriyayeni* gitu..kalau kata orang Jawa bilang..bahasa Indonesianya..sup elit kali ya..hihi..isinya rapi..nggak berantakan..dan di bentuk cantik..setiap piring berisi satu bunga gitu. Jadi..emang pantes sich..kalau di jadiin sebagai hidangan pembuka di acara pesta2 ..karena penampilannya sangat unik dan cantik.

Jadi..berbekal ilmu dari internet..aku adaptasi sendiri resep sup bunga matahari..tapi versi aku sendiri bumbu2nya ya..dengan tidak meyalahi pakem bahan2 utamanya..jadilah sup bunga matahari..versi ...hihi..kayak gini nich. Adonan ayamnya juga aku tambahin udang dikit..soalnya..kalau ayam saja kok menurutku kurang gurih rasanya..rada sepo gitu..dengan di tambah sedikit udang..jadi lebih gurih dech adonan ayamnya. Oke..buat Mba Dewi..dan teman2 lain..selamat mencoba ya..resep Sup Bunga Matahari..ala aku tentunya. Rasanya..enak..seger..gurih adonan ayamnya..campur2 sama isian supnya..unik dech..^^
Sup Bunga Matahari 

Telur dadar tipis2 secukupnya. Satu telur untuk satu bunga.

Bahan isian sup..secukupnya aja ya teman2 mau buat berapa porsi...^^ :
Wortel, serut kasar
Jamur kuping, rendam air panas, iris halus
Jamur putih, rendam air panas, iris halus
Kacang polong
Sosis sapi atau ayam, potong bulat tipis
Jagung manis, pipil

Adonan ayam :
150 gram ayam cincang halus
50 gram udang cincang halus
1 sendok makan tepung tapioka
1 siung bawang putih, haluskan
1/2 sendok teh merica bubuk
1/8 sendok teh pala bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam secukupnya
Campur semua bahan , aduk rata. Koreksi rasa dengan cara di goreng sedikit adonannya. Sisihkan.

Penyelesaian..liat gambar ya..susun bahan isian sup di atas satu lembar telur dadar, sosisnya taruh tengah sebagai putik bunganya..bahan lain nyusunnya sesuai kreatifitas masing2 aja ya.
Taruh 2 sendok adonan ayam di atas susunan sayuran.
Lipat telur dadar, lalu balik. Kukus selama 30 menit. Potong bagian atas telur dadar menjadi 6 bagian, lalu buka hingga menyerupai kelopak bunga. Taruh di piring.
Sajikan dengan kuah sup bening.
Kuah sup bening 

Bahan :
800 ml kaldu ayam
5 batang daun sledri, ikat
2 siung bawang putih, goreng, memarkan
Secuil kecil pala utuh
Kaldu bubuk atau garam secukupnya
Gula pasir 1 sendok teh
Merica bubuk 1/2 sendok teh

Cara :
Masak semua bahan sup hingga mendidih dan bumbu meresap. Koreksi rasa.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts