Laporkan Penyalahgunaan

Steak Daging Cincang & Sosis


Wah...maaf ya teman2..baru online dan bisa posting resep baru. Hari ini sibuk beres2 dapur sendiri..karena ada tukang mau benerin rak dapur..eh lha kok pas mba art ku libur..jadi dech dari bangun pagi sibuk di dapur..bukan masak ..tapi bersih2 dan beres2. Sampai nggak terasa waktunya makan siang..ya udah masak yang cepet aja dan simple..bikin steak praktis ini. Kebetulan tadi malem ke toko daging langganan..jadi punya stock daging cincang segar dan sosis yang enak. Yummy dech walau simple steaknya teman2. Eh lha kok mau posting dari tadi...internet kok ya lemot banget..jadinya baru sempat sekarang dech. 3 sekarang kok kurang bagus kualitasnya koneksinya..dulu awal2...cepet banget padahal..sakarang sering lemot..huhu. Jadi maaf juga ya teman2..belum bisa bales komen2nya..nanti lha..nge klik reply aja..muter2 aja terus nggak kebuka2..nanti segera aku bales ya..setelah koneksinya normal..^^

Oh ya..selain di buat steak dan di makan dengan saus dan aneka sayuran begini..steak daging cincang ini juga enak buat isian burger atau sandwich..karena ya memang rasanya mirip2 sama daging burger. Mudah saja kok membuatnya..dan pastinya lebih enak & sehat ya..karena homemade dan dagingnya juga lebih banyak dan lebih segar. Oh ya..dagingnya jangan terlalu halus ya..kalau buat steak gini..lebih baik pakai daging cincang siap beli yang ada di supermarket itu..kalau nggak beli di toko daging kayak aku , jadi kualitasnya bagus dan empuk dagingnya...juicy gitu lho kalau di panggang. tapi kalau pakai daging biasa..ya nggak apa2..asal yang kualitas bagus, terus di cincang2 sendiri aja..jangan di blender..atau food processor..nanti terlalu halus..jadinya galantin dech..hihi. Karena steak daging gini..enaknya kalau masih terasa cincangan dan serat2 dagingnya. Kalau nggak punya panggangan yang tebal..ya di goreng saja dulu, baru di panggang bentar di teflon sambil di oles saus. Tapi kalau punya panggangan yang tebal..misal..kayak grill pan..atau happy call..dll..memang lebih enak  lagi kalau langsung di panggang.

Oke..selamat mencoba ya teman2..moga2 bisa jadi ide menu buat weekend di rumah ya..^^
Steak Daging Cincang & Sosis
( Untuk 3 porsi )
Bahan :
Sosis sapi 6 buah, kerat2 
2 buah wortel, potong panjang2, rebus sebentar
50 gram buncis, rebus sebentar 
2 buah kentang, potong panjang2, goreng

Bahan steak daging cincang :
150 daging cincang
50 gram tepung panir
1/4 buah bawang bombay, cincang halus
1 butir telur ukuran kecil
1/2 sendok teh kaldu sapi bubuk atau garam secukupnya
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk
1/2 sendok teh gula pasir

Bahan saus :
1 sendok margarin untuk menumis
1/2 buah bawang bombay, iris panjang
200 ml air
1/2 sendok makan tepung tapioka, cairkan dengan 1 sendok air
2 sendok makan saus tomat
1 sendok makan saus tiram
1 sendok makan kecap manis
1/4 sendok teh merica bubuk

Cara membuat :
Saus : tumis bawang bombay hingga harum, masukkan semua bahan lain. Koreksi rasa. Kentalkan dengan tepung tapioka. Masak hingga meletup2 dan kental
Campur semua bahan steak daging cincang, aduk rata, bentuk bulat pipih. Panggang di grill pan yang sudah di oles margarin , sambil sesekali di oles sedikit saus steak. Jika pakai teflon biasa..lebih baik di goreng dulu sebentar di minyak terendam..supaya lebih matang bagian dalamnya, baru di panggang sebentar di teflon sambil di oles saus.
Panggang juga sosis, sambil di oles saus.
Sajikan steak dengan kentang goreng, sayuran dan saus.
  • Siang tadi ujan deres banget, jadi terpaksa foto di dalam ruangan..jadi agak kurang maksimal fotonya..plus di usilin anak ganteng nich..hihi..jadi salah fokus kameranya..^^
  • Gunakan sosis kualiatas bagus ya teman2..agar lebih enak hasilnya...tadi Yodha bilang..wah..keren mi...kayak menu di kafe..*mix grill* katanya..hihi.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts