Laporkan Penyalahgunaan

Semur Soun Ayam


Semur soun adalah salah satu masakan favoritku. Kalau di tempatku di Yogya..semur soun ini baisa jadi salah satu menu besekan..yaitu menu untuk nasi hantaran atau kendurian. Kendurian adalah tradisi doa bersama jika suatu keluarga ada hajatan..maka malamnya mengundang tetangga kiri kanan untuk berkumpul dan mendoakan sesuai tema hajatan. Nah..sesuai tradisi setelah acara kendurian selesai setiap yang datang ke acara akan membawa nasi dan lauk pauk komplet untuk di bawa ke rumah masing2. Karena nasi dan lauk pauk di tempatkan di wadah dari besek..maka si sebut juga nasi besekan. Tapi kini kadang2 besek telah tergantikan oleh kardus. Padahal lebih eksotis lho kalau pakai besek..hihi. Seru aja..ingat jaman kecil..kalau dapet nasi besekan itu menyenangkan di makan rame2 bersama sauadara2..biasanya masing2 pada suka bagian2 tertentu dari nasi besekan. Nah..aku paling suka semur soun ini dan nasi golong...atau nasi gurihnya..wah..jadi pengen nasi gurih juga.

Semur soun ini biasanya di campur dengan kentang goreng yang di potong kecil2..tapi kali ini aku tambahkan ayam yang di potong kecil2..enak juga..jadi masak satu macam sekalian ada proteinnya. Kalau masak semur soun ini..paling enak menggunakan soun lokal..yang ukurannya besar2 dan panjang2..bias adi jual dalam bentuk ikatan pakai tali bambu dan di bungkus plastik sederhana gitu kemasannya. Nggak tau apakah soun jenis ini hanya ada di Yogya dan Jateng atau di daerah lain juga ada. Tapi jika tidak ada bisa pakai soun biasa yang di jual di supermarket..tapi pilih yang agak besar2 ya teman2. Menu ini cocok buat anak2..tapi jika mau pedas buat orang dewasa.tinggal di tambah cabe rawit utuh aja..kalau makan tinggal sambil nyeplus cabe rawit..yummy...! Aku paling suka di gado aja sich kalau makan semur gini..enak dan udah mengenyangkan. Selamat mencoba ya teman2..jika suka...^^
Semur Soun Ayam

Bahan :
1 bungkus soun lokal yang ukuran besar, biasanya di kemas panjang2..contoh merk ababil. Seduh di air mendidih hingga lemas .
1 potong dada ayam yang sudah di rebus, potong tipis atau sesuai selera.
1 sendok teh kaldu ayam bubuk ( optional )
Garam sesuai selera
Gula pasir 1/2 sendok teh, kecap manis 3 sendok makan
Cabe rawit merah sesuai selera jika suka pedas, biarkan utuh
Air 200 ml

Bumbu halus :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 butir kemiri
1/2 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan air, ayam dan bumbu2 lain. Masak hingga bumbu meresap dan kuah agak menyusut separuhnya. Masukkan soun. Aduk rata dan masak hingga semua bumbu meresap ke soun. Koreksi rasa. Sajikan hangat.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts