Laporkan Penyalahgunaan

Sayur Gurih ( Jangan Anyep ) Favorit Yodha



Salah satu sayur harian yang paling sering aku masak..adalah sayur gurih..atau kalau di Yogya di sebut *jangan anyep*. Di  Yogya..sayur dalam bahasa Jawa di sebut juga *jangan*.
Yodha..kayaknya udah nurunin lidah Jawaku...karena dia paling suka menu2 masakan Jawa yang nggak pedas..seperti gudeg..brongkos...dan juga aneka sayur gurih seperti ini. Sayur gurih itu intinya bumbunya seperti bumbu gudeg atau bumbu opor putih..bumbu dasar putih lah yang di pakai..dengan bumbu2 komplet bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar dan rempah, salam, laos, daun jeruk, sere komplet. Nah..yang membedakan..ya..cuma bahan yang di masak aja. Aneka bahan bisa di masak jadi sayur gurih kalau di Yogya..bisa nangka muda..jadi sayur gurih tewel, pepaya muda, kacang panjang, tahu, tempe, jantung pisang, daun singkong, sawi putih, kentang, kol, dll...semua sayuran bisa masuk dech..bahkan bayampun di sayur gurih gini..jadi dech bobor bayam ala Yogya.

Sayur gurih ini memang cocok buat anak2..karena citarasanya gurih dan nggak pedas. Namun buat orang dewasa tetep enak kok..kalau mau pedas..tinggal di makan aja sama sambel tomat atau sambal bawang. Di tambah lauk ikan asin..wah..tambah sipp itu. Nah..kali ini aku masak sayur gurih kacang panjang dan tahu...bisa di ganti tempe juga jika suka. Yodha lahap banget makannya...walau cuma pakai telur ceplok dan sosis lauknya..karena kuahnya memang seger ya..walaupun bersantan..tapi bukan pakai santan yang kental. Tapi memang..kalau sayur gurih kacang panjang gini..masaknya musti rada *overcook* sedikit..hihi..karena kalau nggak di masak sampai empuk..bumbu2nya nggak bisa meresap..beda sama sayuran lain. Apalagi kalau udah nginap..tambah enak lagi tuch teman2..walaupun udah nggak bergizi ya..hihi. tapi masakan Jawa bersantan..paling enak dan sedep memang kalau sudah di *ngat nget* ( di panasi berulang2..^^ )

Oke..buat teman2 yang bingung menu harian buat si kecil..masak sayur gurih ini aja..bahan utama bisa di ganti2 sesuai selera..selamat mencoba..^^
Sayur Gurih Kacang Panjang & Tahu

Bahan :
1 ikat kacang panjang , potong2 panjang
5 buah tahu kuning berkulit, potong serong
Santan sedang 1000 ml
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk purut
1 batang serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
Gula merah 1 sendok makan
Garam dan kaldu bubuk secukupnya jika suka  

Bumbu halus :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar

Cara memasak :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan santan dan bumbu2 lain. Masak hingga santan mendidih, lalu masukkan tahu dan kacang panjang. Masak dengan api kecil hingga kacang panjang empuk dan kuah agak menyusut. Koreksi rasa. Sajikan.
Bayam juga enak di masak sayur gurih..kalau di Yogya di sebut *jangan bobor*..biasa di campur pepaya muda..menu sehat buat anak2 dan ibu menyusui. Yodha juga suka banget sayur ini. Bumbu2 yang di pake sama dengan sayur gurih kacang panjang dan tahu di atas..tapi kalau jangan bobor ini di tambah kencur dan bumbu halus tidak perlu di tumis, langsung masukkan ke santan...lalu masak bersama sayuran dan bumbu2 lain.


Sebenernya Yodha juga sudah mau sich sayur sedikit pedas..tapi biasanya cabenya aku hilangkan bijinya..tapi kadang2 gaya juga lho dia..kalau aku masak pedas..suka cium2 gitu masakannya. Enak kayaknya ya mi..katanya..aku mau makan ini..nanti kalau udah 7 tahun..katanya dulu pas umur 6 tahun..tapi..tetep..belum mau walau sekarang udah 7 tahun..makan yang agak pedas seperti sambel dll..katanya..ah..nunggu 8 tahun aja dech...hihi..*tukang ngeles..Yodha mah..*..beraninya baru cium2 sambal  kayak gini nich dia..^^





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts