Laporkan Penyalahgunaan

Sate Ati Ampela Goreng Balut Telur


Membuat menu harian untuk keluarga..musti sedikit kreatif ya teman2..biarpun bahan sama..dengan di bolak balik cara masaknya..jadi menu beda dech..hihi. Lha..gimana donk..kita kan emak2 RT musti masak minimal 5 atau 6 kali dalam seminggu..weekend aja kadang baru jajan di luar,...jadi musti pinter2 kan ya mereka2 bahan yang sama jadi masakan berbeda. Soalnya ya..tiap hari yang kita temui di pasar ya itu2 terus kan ya bahan2..ayam..daging..ikan..dll..yang udah sering banget kita masak. 

Tapi..tenang..ndak perlu bingung teman2..bahan yang sama..di bumbuin sedikit beda..dan di sajikan dengan cara berbeda..pasti dech nggak bakal bikin bosan menunya. Kayak ati ampela nich..mungkin udah banyak olahan nya yang aku share di blog ini..nah..kalau yang ini..atinya di ungkep..terus di goreng di balut telur. Kayak sate ati yang biasa di jual di warung2 tegal atau di warung soto itu lho teman2..cuma..kalau aku telurnya aku tambahin sedikit tepung beras biar bisa kering dan renyah lapisannya. Kalau di warung2 itu kan bisa berserabut..karena pakai telur aja yang di kocok lepas. Lumayan jadi..lebih gurih dech..buat lauk Yodha..soalnya dia kurang suka udang..^^

Oh ya..sate ati ampela ini paling enak pakai ati ayam kampung sich menurutku..karena rasanya lebih gurih dan ada manis2 alaminya gitu. Sebelum di ungkep..di blansir dulu ya sebentar di air mendidih..supaya tidak amis atinya. Memilih ati yang bagus..warnanya merah tua segar..jangan pilih yang kekuningan dan lembek ya teman2..nanti mudah hancur ketika di masak. Ungkep ati ampela dengan api kecil..supaya bumbu2 meresap dan ampelanya tidak keras. Selamat mencoba..^^
Sate Ati Ampela Goreng Balut Telur

Bahan :
6 pasang ati ampela
Kaldu bubuk ayam 1/2 sendok teh dan garam sesuai selera
Air biasa 400 ml dan air kelapa 400 ml ( sampai terendam bahan2nya )
Lengkuas 2 cm, memarkan
Jahe 2 cm, memarkan
Daun salam 2 lembar
Gula merah 1 sendok teh

Bumbu halus :
6 buah bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
1/2 sendok teh ketumbar
2 cm kunyit

Bahan pencelup :
1 butir telur, kocok lepas
1/2 sendok makan tepung beras
1/8 sendok teh garam

Cara Membuat :
Campur semua bahan dan bumbu halus, ungkep hingga matang dan empuk...sambil sesekali di cicipi dan di koreksi rasanya. Angkat ati ampela, tiriskan. Celup ke kocokan telur, lalu goreng di minyak panas hingga matang. Sajikan hangat.





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts