Laporkan Penyalahgunaan

Sambel Tempe..^^


Tempe...salah satu bahan yang hampir selalu ada di dapurku..kalau nggak ada, itu cuma karena kadang nggak kebagian aja..di tukang sayur..hihi. tapi..kalau ke pasar..tempe..adalah salah satu bahan wajib..yang selalu masuk ke kantung belanja..tanpa pikir panjag mau di masak apa nantinya. Karena..tempe..di masak apa aja..enak..sekedar di goreng biasa bumbu bawang dan ketumbar serta garam..udah enak...belum lagi jika mau sedikit repot mengolahnya..tempe..*is amazing*..hihi..bisa jadi aneka menu yang lezat dan murah meriah. Lha wong tempe semangit ( udah umur 3 hari / kematangan ) saja masih berguna kok kalau di dapur orang Jawa..hihi..buat campuran sayur lodeh atau oseng..di sambel dll..jadi tambah sedep. Jadi nggak perlu khawatir..kalau punya stok tempe di dapur dan belum sempat di masak..ya biarkan saja sampai jadi tempe semangit..makin sedap jadi aneka olahan masakan. Jadi..jika kadang2 kita denger ada yang bilang..ah dasar orang Indonesia mental tempe ^^..cuekin aja ya teman2..hihi..so what gitu lho.!?..Tempe kan bergizi juga ya teman2..hihi..nggak kalah lho..kandungan gizinya sama daging..kata para ahli gizi..dan memang enak kok..yang bilang gitu..pasti suka tempe juga kan..hihi. Hayukk..siapa yang suka tempe..tunjuk tangan...! ^^


Tempe..selalu ada di dapurku..kadang sekedar jadi penyelemat menu..di siang hari..maklum kalau siang kan makan sendiri di rumah..suami makan di kantor..anak..makan di sekolah..jadi kadang kalau belum punya lauk..atau lagi males makan..udah dech..asal ada tempe..beres..bisa di sambel..hihi. Sambel tempe ini adalah sambel yang paling sering aku bikin kali..hihi. Dari tempe seger..sampai tempe semangit..aku suka dech di sambel. Kalau tempe segar..bisa di sambel bawang mentah..kadang di sambel terasi matang juga..kadang di sambel kukus...dll..semua enak menurutku. Kalau yang semangit bisa buat sambel tumpang..dll..pokoknya tempe..sampai baik yang segar atau yang udah semangit tetep enak dan  berguna di dapurku..hihi.

Nah..sambel tempe yang sering aku bikin..adalah sambel tempe yang fotonya kayak di atas tuch..sambel tempe biasa aja sich..pakai cabe..bawang merah..bawang putih, dan sedikit terasi..kasih garam dan sedikit gula merah. Udah dech..jadi menu makan siang di makan sama nasi putih hangat..hihi. Kadang2 aku sambal bawang mentah juga..di buat kayak tempe penyet gitu..apa aja masuk dech kalau tempe goreng ya teman2..mau di cocol sambal bajak..sambal korek dll. *Hidup tempe..!!..hihi. Oke..aku share aja ya..salah satu resep sambal tempe yang biasa aku buat..sapa tau ada yang suka juga..walau menu nggak penting..hihi..tapi enak kok..^^
Sambel Tempe 

Bahan :
8 buah cabe merah
4 buah cabai rawit merah ( sesuai selera pedasnya ) 
6 buah bawang merah, potong kasar
1 siung bawang putih, potong kasar
4 potong tempe ( kira2 100 gram ), rendam di sedikit air garam, tapi jangan terlalu asin ya.
Terasi 1/2 sendok teh
1/8 sendok teh gula merah (sedikit aja..cuma buat penyeimbang rasa garamnya )
Garam sesuai selera ( sedikit penyedap jika suka )

Cara membuat :
Goreng tempe hingga matang.
Goreng semua cabai, bawang merah, terasi dan bawang putih hingga matang. Ulek kasar bersama sedikit garam dan gula, lalu masukkan tempe goreng. Ulek kasar. Udah..jadi dech..hihi..mudah kan. Sajikan hangat dengan nasi yang ngepul..yummy..^^
Tips :
Memilih tempe yang bagus..baisanya aku pilih tempe yang udah benar2 jadi..kedelai dan jamurnya menyatu dan padat..jadi mudah di potong2..dan jika di olah tidak akan hancur. Aroma tempe yang jadi bagus fermentasinya biasanya segar..khas bau tempe gitu ya teman2..sedang yang gagal fermentasinya biasanya ada bagian2 tertentu yang kedelainya jadi lembek dan aromanya asam..jadi jangan di beli ya tempe yang seperti itu. Tempe semangitpun..lebih enak di buat dari tempe yang segar..bukan dari tempe yang gagal fermentasi..karena rasanya tidak enak jika di olah. Cara membuat tempe semangit..beli aja tempe yang kualitas bagus dan segar..terus diamkan saja di dapur di suhu ruang sampai 3 atau 4 hari..sampai sedikit berubah warna..siap di olah dech tempe semangit jadi aneka olahan masakan khas Jawa. Dengan membuat sendiri tempe semangit...aman kok..nggak akan beracun..karena kita tau bahannya berasal dari tempe segar..bukan tempe yang gagal fermentasi. 
  • Tempe yang bagus mudah di iris dan nggak hancur..^^







Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts