Laporkan Penyalahgunaan

Sambel Goreng Kentang & Krecek Ala Semarang


Sambal goreng.....adalah salah satu menu harian yang sering banget ada di menja makan..buat orang Yogya..atau Jawa tengah..tak terkecuali Semarang..tempat aku tinggal sekarang. Dari mengamati..dan sering menikmati sambel goreng versi Semarang..terutama di rumah mertua..yang hampir tiap ada acara pasti masak sambel goreng...atau ketika dapat nasi kardusan dari tetangga kiri kanan..atau kerabat..pasti dech ada menu sambel gorengnya juga. Nah..tapi..versi sambel gorengnya ternyata beda dengan versi sambel goreng ala Yogya. Sama2 pakai krecek..tapi jenis krecek / rambak sapi yang di pakai juga beda..dan hasil akhir serta citarasanya..juga berbeda lho. 

Kalau krecek Yogya tuch manteb..bentuk kotak lonjong gede2 dan kalau di masak bisa lembut dan bumbu2 meresap ke kreceknya..warnanya kuning keemasan. Kalau krecek Semarang kebanyakan dalam bentuk lembaran...tipis2 dan rasanya sangat berbeda dengan krecek Yogya. Kalau krecek Yogya..kalau di masak bisa menyerap bumbu2 dan berwarna merah cantik..seperti foto di bawah ini. Harganya juga lebih mahal..yang kualitas bagus..1 kg bisa 80 - 100 ribu kreceknya, di dekat rumahku di Yogya..ada soalnya sentra pengrajin krecek sapi gini..dan kalau aku pulang mesti pesen banyak krecek yang bagus buat aku bawa ke Semarang...kapan2 kalau pulang pengen meliputnya ahh..^^

Jadi..jangan heran ya teman2..kalau makan gudeg di Yogya mahal..karena ya bahan2nya memang pilihan dan mahal juga sambel gorengnya. Makanya..ndak usah beli gudeg teman2..kalau mahal..bikin sendiri aja ya..hihi..resep kompletnya udah pernah ku posting kok di sini. Krecek Yogya..kalau di masak kayak gini nich..jadi menyerap bumbu2.dan lembut sekali rasanya..^^


Kalau ini krecek Semarang....bentuknya kayak gini..harganya jauh lebih murah daripada krecek Yogya...segini cuma 4 ribu..^^


Oke..lanjut bahas sambel goreng ala Semarang ya teman2..sambel goreng ala Semarang..lebih banyak kuahnya..warnanya kekuningan..nggak terlalu merah kayak sambel goreng Yogya. Kalau sambel goreng Yogya biasanya sedikit kuah..dan bumbunya merah menyala..dan lebih kering atau sedikit kuahnya...kadang2 kalau untuk temen gudeg..malah kering sambel gorengnya..nggak berkuah. Karena banyak kuah..maka sambel goreng ala Semarang paling cocok di sajikan dengan ketupat atau lontong. Makanya sambel goreng ini..juga selalu ada di acara2 hajatan..Lebaran..dll. Isinya selain krecek..ada juga kentang goreng yang di potong kotak kecil2.Kadang2 di tambah udang dan kapri...pete juga jika suka. Tapi..kalau untuk gudeg Semarangan..beda lagi versi sambel gorengnya..biasanya..selain pakai krecek..sambel gorengnya pakai tahu goreng.


Oke..yang mau coba sambel goreng ala Semarangan..ini dia ya aku kasih resepnya..aku belajar dari ibu mertua nich kalau resep sambel goreng Semarangan ini. Tips dari ibu mertua..cabenya bisa di rebus dulu..kalau mau lebih mudah menguleknya. Tapi..aku di kasih tau budhe sayur juga gitu..di tempat katering dia kerja..kalau bikin sambel goreng Semarangan gini..katanya di rebus dulu..cabenya sebentar supaya lebih merah hasil kuahnya. Tapi menurutku malah jadi kekuningan sich sambel gorengnya..kalau cabe di rebus dulu..tapi memang lebih mudah sich nguleknya..hihi. Tapi nggak tau kenapa..memang kalau bikin sambel goreng ala Yogya..aku bisa merah menyala warnanya (coba liat foto kedua di atas..merah kan..itu sambel goreng versi Yogya teman2..^^ )..tapi kalau bikin yang versi Semarang ini..selalu warnanya kekuningan..mungkin..ya karena itu tadi..cabenya di rebus dulu..just my opinion sich..hihi.
Sambel Goreng Kentang Krecek ala  Semarang

Bahan :
250 gram kentang, potong dadu kecil, goreng sampai matang.
100 gram krecek / rambak dari sapi yang khusus buat masakan, 100 gram udang segar, buang kepalanya, dan 1 papan pete, belah dua masing2.
4 siung bawang putih, diiris tipis
8 butir bawang merah, diiris tipis
2 cm lengkuas, dimemarkan, 2 lembar daun salam
1 sendok teh garam dan bumbu kaldu secukupnya jika suka
20 gram gula merah
1000 ml santan encer / sedang dari 1/2 butir kelapa
3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus, rebus dulu cabainya di air mendidih sebentar :
10  buah cabai merah besar
3 buah cabai merah keriting  ( cabai bisa sesuai selera )

Cara Pengolahan :
Panaskan minyak. Tumis bawang putih, bawang merah, daun salam, lengkuas, dan bumbu halus sampai harum dan bumbu benar benar matang.
Masukkan santan, garam, dan gula merah. Biarkan sampai agak mendidih, lalu masukan kentang goreng, udang dan krecek. Masak sampai matang. Terakhir masukkan pete. Masak sampai bumbu meresap dan kuah sedikit menyusut.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts