Laporkan Penyalahgunaan

Oseng Bunga Pepaya


Tadi pagi udah iseng ke pasar...soalnya beberapa hari nggak ke pasar suka bingung juga..kehabisan stock lauk di freezer. Serunya ke pasar tuch..juga bisa ngobrol sama ibu2..sambil belanja..ternyata ibu2 tuch problemnya sama ya tiap hari..pertanyaan yang sama setiap hari ke penjual sayur..bingung..hari ini meh masak opo yo ?..( Bingung hari ini mau masak apa ya ? )..hihi..padahal..kalau ke pasar kan pilihan bahan banyak ya..kenapa musti bingung2..? 

Kalau aku..malah suka bingung..karena kebanyakan yang pengen aku masak dan aku beli kalau ke pasar..hihi..tadi aja..udah tengok2..jantung pisang..dll sayur2 unik lain yang jarang nemu di tukang sayur..eh tapi hatiku kok tertambat pada bunga pepaya juga..setelah mbah2 penjual sayuran langgananku bilang dia bawa mbang kates..atau bunga pepaya. Kayaknya enak dech di oseng..soalnya ingat beberapa hari kemaren kan mulut agak pahit..nah musti di lawan dengan makanan pahit alami kayak gini juga..biar kembali normal lidahnya. Ya udah..akhirnya aku beli bunga pepaya dulu sayurnya..walau yang doyan aku sendiri..hihi. Buat Yodha dan papinya asal banyak stock lauk di freezer..beres..dech.


Bunga pepaya ..udah tau kan ya teman2..bunga yang di ambil dari pohon pepaya khusus yang bukan untuk buah..di Jawa..bunga pepaya ini biasa di masak oseng2. Bisa di tambah teri atau ikan asin peda. Memang rasanya pahit sekali..tapi kalau di bumbuin pedas dan banyak bumbu..rasanya enak sekali..pahit gimana gitu..apalagi di tambah ikan asin peda yang sudah di goreng..wah tambah enak dech. Kalau nggak suka terlalu pahit sebenernya ada tipsnya sich dari mbah penjualnya..pas di rebus di kasih daun jambu biji. Tapi karena aku nggak punya je..ya nggak pake...jadi pakai garam aja..tetep enak kok...paitnya berkurang dikit juga.

Oke..buat yang belum pernah makan atau yang suka bunga pepaya..oke..aku share aja ya..menu sederhana banget sich..tapi tetep bisa ngabis ngabisin nasi kok..hihi. Pahit..tapi enak..seperti kehidupan ini..ada pahit..ada manis..kalau di nikmati ya enak2 aja..* lebay maning..*
Oseng Kembang Kates ( Bunga Pepaya )

Bahan :
200 gram bunga pepaya, cuci dan sedikit remas dengan garam, diamkan sebentar, lalu cuci bersih, rebus sebentar di air mendidih.
3 buah ikan peda, goreng, suwir kasar
1/2 papan pete, belah dua
Terasi 1/2 sendok teh
2 lembar daun salam
1 sendok teh gula pasir
Garam dan kaldu bubuk secukupnya jika suka
Bawang merah 6 butir, iris tipis
Bawang putih 3 siung, iris tipis
Cabai merah 5 buah, iris tipis
Cabai rawit 5 buah, iris tipis

Cara memasak :
Tumis bumbu iris dan terasi hingga harum dan matang, masukkan 100 ml air, dan bumbu2 lain, serta bunga pepaya. Masak hingga meresap , koreksi rasa. Terakhir masukkan peda suwir. Aduk rata. Sajikan hangat.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts