Laporkan Penyalahgunaan

Kue Mendut Warna Warni




Akhirnya bisa bikin kue2 lagi..setelah badan lumayan sehat. Memang sakit ..walaupun sepele..tetep bikin aktifitas terganggu dech. Walau cuma pusing2 dan lemes..tapi beneran..jadi males ngapa2 in. Boro2 bikin kue2..masak menu harian aja..capek banget rasanya 2 minggu kemaren.

Nah..sekarang udah semangat lagi nich..bikin kue2..kayak kue mendut ini. Kebetulan ada tukang yang ada kerjaan dikit beres2 rumah..jadi ada yang ngabisin..buat snack mereka gitu. Aku sendiri kebetulan lagi pengen mendut...kue tradisional dari ketan yang di isi unti kelapa..terus di siram kuah kental dari santan. Kalau di Jateng...mendut ini biasa di bungkus pake daun pisang..bentuk tum gitu berisi 3 butir bola2 ketan isi unti, terus di siram kuah. Karena aku lagi nggak punya daun pisang..aku iseng bungkus..pakai plastik tebal kayak cantik manis gitu..lucu juga lho bentuknya teman2..jadi warna warni cantik. Rasanya juga enak..legit dan gurih...^^

Mau coba..ini dia resepnya ya..kalau nggak suka pakai plastik..pakai aja daun pisang...^^
  • Isi mendut : Unti kelapa 
  • Saus mendut : Kuah santan kental
  • Adonan kulit, kalis, tapi tetep lemes dan mudah ketika di bulat2kan
Kue Mendut Warna Warni

Bahan Kulit:
200 gram tepung ketan putih
50 gram tepung tapioka
1 sendok makan gula
1/2 sendok teh garam
200 ml santan cair hangat
2 tetes pewarna merah muda
2 tetes pewarna hijau
2 tetes pewarna kuning
4 lembar daun pandan, potong – potong
Plastik tebal kotak secukupnya untuk membungkus

Bahan Isi:
200 gram kelapa parut kasar
150 gram gula merah, sisir
1 sendok makan gula pasir
2 lembar daun pandan
1/2 sendok teh garam
125 ml air

Bahan Kuah:
400 ml santan, dari 1/2 butir kelapa
1 sendok makan tepung beras
1 sendok makan tepung tapioka
1/2 sendok teh garam
Gula pasir 1 sendok teh
2 lembar daun pandan

Cara membuat:
Isi: masak bahan isi sambil daiaduk sampai kering dan meresap. Bentuk bulat kecil. Sisihkan.
Kuah: rebus bahan kuah sambil diaduk sampai mendidih. Sisihkan.
Kulit: campur tepung ketan, tepung tapioka, gula garam. Masukkan air hangat sedikit – sedikit sambil diaduk sampai kalis.
Bagi adonan menjadi 3 bagian. Masing-masing adonan tambahkan dengan pewarna merah muda, pewarna hijau, dan kuning. Aduk rata.
Ambil sedikit adonan kulit, tambahkan isi, bentuk bulat. Lakukan sampai habis.
Didihkan air, rebus bola bola ketan hingga mengapung, angkat dan taruh di wadah yang berisi air dingin matang. Diamkan hingga bola2 kembali ke ukuran semula ( tidak mengembang )
Ambil satu lembar plastik, beri 3 buah bola ketan beda warna, tuang 1 sendok makan kuah santan.Bungkus dengan rapi . Sajikan.

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts