Laporkan Penyalahgunaan

Cara Melelehkan Coklat Blok Dengan Benar



Coklat..valentine..mungkin jadi satu hal yang umum ya teman2..liat aja dech di mall2 atau di supermarket..kalau mau deket2 hari Valentine gini..pasti dech..semua stock coklat berbagai merk..dan harga..keluar dari gudang..dan di pamerkan..hihi..biar di beli pengunjung tentunya. Tapi..daripada beli olahan coklat kemasan mahal2..sebenernya lebih hemat kalau mau bikin coklat sendiri..misal praline..coklat truffle dll..lho teman2. Ah..sayang..valentinenya tinggal besok ya..jadi nggak bisa kasih resep kompletnya...jadi aku kasih tips aja dulu ya teman2..cara melelehkan coklat yang benar ya teman2..supaya hasil lelehannya bagus..semoga bermanfaat ya.^^

Kalau mau menghias kue dengan coklat leleh..atau mau bikin coklat praline..tentu saja hal pertama yang harus kita perhatikan adalah memakai coklat blok kualitas yang bagus dan enak. Nggak harus mahal sich..yang penting coklatnya mudah meleleh dan nggak terlalu manis sich kalau aku. Untungnya di TBK deket rumahku jual sich coklat blok..enak..mur mer dan bagus kalau di lelehkan. Tapi jangan tanya merknya sekarang ya..hihi..daku lupa terus mau tanya..merknya kayaknya khusus di jual ke TBK soalnya..nanti kalau beli lagi tak tanyain dech. Jadi TBK beli merk coklat blok ini dalam kemasan besar puluhan kilo gitu..kemudian di potong2 sendiri dan di re pack sendiri.

Jadi harganya jauh lebih murah dari coklat kemasan yang beredar di pasaran..250 gram cuma sekitar kurang dari 8 ribu sich kayaknya..aku nggak hafal banget juga sich..soalnya kalau beli ke TBK kan macam2..suka asal ambil aja dan bayar..tapi sepertinya memang segitu sich..karena aku suka beli kemasan yang 100 gram aja..kalau cuma butuh dikit coklatnya..sekitar 3 ribu an..jadi lebih murah kan teman2..bandingkan dengan merk yang sudah terkenal di supermarket kan bisa 12 sampai 13 ribu ya..per 250 gram...* Mak irit..mulai dech perhitungan ya teman2..hihi..*

Nah..setelah udah dapat coklat yang bagus..yukk lanjut tips cara melelehkan coklat yang benar ya..supaya tidak menggumpal dan menggerindil..atau bahkan gosong..hihi...:
  • Selalu potong coklat yang akan di lelehkan dalam potongan kecil2..jika mau lebih cepat lagi..serut dengan serutan keju. Jika masih dalam potongan besar2..coklat lama lelehnya dan kadang suka bergerindil.
  • Jangan melelehkan coklat langsung di atas panci..lalu di panaskan langsung di kompor ya teman..soalnya di jamin..bakalan gosong dech coklatnya..hihi.
  • Lelehkan coklat dengan cara di tim..pertama ambil panci kecil berisi air..jangan banyak2..lalu taruh di atasnya satu panci lagi..atau piring keramik..atau alumunium yang ukurannya pas menutup panci pertama..supaya tidak ada uap air yang mengenai coklatnya. Aku suka pakai piring alumunium / blek jadul yang cekung gitu...jadi pas..rapat menutup rapat panci kecilku. Dan lebih mudah lelehnya..karena piring alumunium kan penghantar panas yang baik. Jika tidak ada..pakai teflon atau panci lain juga boleh.
  • Panaskan api kecil dan biarkan air panas..tapi jangan sampai mendidih ya selama mengetim teman2..kalau mendidih dan bergolak..coklat bisa cepat menggumpal dan kadang2 uap air naik ke atas..bisa terkena coklatnya. Coklat yang terkena uap air..jadi nggak mulus nantinya..kayak berkeringat gitu lho.Jika coklat belum meleleh semua tapi air sudah mendidih..matikan saja apinya..lalu lanjut proses mengetimnya. Jika belum leleh juga..nyalakan lagi api dengan api kecil.
  • Kalau lagi nge tim coklat..jangan di sambi2 atau di tinggal2 ya teman2..hihi..harus sering di aduk..supaya meleleh merata dan tidak ada yang menggerindil.
  • Jika coklat leleh mau di gunakan sebagai toping atau hiasan kue..segera gunakan..jika tidak..coklat akan mengeras lagi di suhu ruang.
  • Kalau melelehkan coklat jangan tambahkan lemak apapun ya..misal margarin..mentega dll..karena walaupun hasil lelehannya bagus..tapi susah mengeras jika di  gunakan sebagai toping kue...kecuali kalau mau di buat adonan brownies atau cake..no problem di tim bareng lemak.
  • Melelehkan coklat putih..suhu air harus lebih rendah dari coklat biasa..jangan terlalu panas..karena coklat putih mengandung lebih banyak lemak di banding coklat biasa.
  • Jika mau menggunakan coklat hanya dalam jumlah kecil..misal cuma sebagai hiasan corat coret di kue kering..nggak perlu di tim..cukup masukkan potongan coklat kecil2 ke kantung plastik segitiga, lalu rendam di mangkuk yang berisi air panas. Lalu gunakan dech buat mengehias cookies..praktis dan nggak perlu repot2 nge tim. Begitu juga..kalau mau melelehkan coklat yang untuk campuran brownies atau cake..cukup pakai cara mudah..lelehkan bersama margarin atau mentega di mangkuk tahan panas..taruh di microwave atau oven..nyalakan..lalu ting..leleh dech setelah beberap menit.
  • Jika mau coklat lebih cepat mengeras..masukkan aja ke kulkas setelah di gunakan sebagai toping atau bikin praline.Tapi jangan kelamaan di simpan di kulkas ya..nanti coklat pralinenya bisa membatu..dan merontokkan gigi kalau di gigit..hihi.
  • Jangan simpan coklat batangan yang belum di lelehkan di kulkas ya..karena nanti akan rusak dan susah meleleh ketika di panaskan. 
  • Jika coklat yang sudah di olah..misal jadi coklat praline atau nougat dll..jadi lembek di suhu ruang..tenang..simpan saja sebentar di freezer..atau di kulkas..nanti akan segera membeku kembali.
  • Kalau mau pakai coklat warna warni..bisa pakai coklat putih yang di warnai..tapi pilih pewarna yang basenya oil atau minyak ya teman2..kalau pewarna biasa..nggak bisa nyatu dech. Contoh pewarna coklat adalah merk Wilton..tapi..mahil bener dech harganya..hihi..jadi..kalau mau pakai coklat warna..mending beli yang udah warna warni aja..banyak kok di pasaran..itu kayak punyaku..coklatnya warna unyu unyu..hihi.
Oke..segitu dulu ya tips2 ya teman2..ada yang mau nambahin..monggo silahkan ..^^



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts