Laporkan Penyalahgunaan

Cap Cay Pak Tukino



Beberapa hari ini..maaf ya teman2..belum bisa posting masakan harian seperti biasa..aku memang jarang masak yang ribet2..karena badan kurang fit lagi..keseringan begadang..biasa..kalau Yodha lagi flu..otomatis..aku dan suami begadang..karena dia tidur nggak bisa nyenyak..dikit2 bangun..kalau di tinggal suka nggak mau..pokoknya nempel kayak perangko dech kalau tidur malem dia...kalau dia lagi flu..sering terbangun..manggil kami atau minta minum..atau ini itu..wis pokoknya..walau cuma sakit flu..kalau buat Yodha udah heboh gitu..hihi. Akhirnya aku juga ikutan nge drop. Jadi belum bisa masak komplet sperti hari2 biasa..dan akhirnya lebih sering jajan dech. Walaupun kadang2 yang kurang sesuai selera ya kalau jajan itu teman2.

Kayak tadi malem..kami cuma beli capcay dan ayam goreng. Cap cay nya aku penasaran sama Pak Tukino..yang terkenal banget di Semarang bawah dan pernah aku baca reviewnya di internet..kalau beli sampai ngantri2 dan ambil tiket dari jam 12 siang..ha..seenak apa sich pikirku..hihi. Sampai aku dapat info juga dari teman..kalau cap cay Pak Tukino ini buka cabang di Banyumanik..deket rumah..jadilah penasaran pengen coba...dan ternyata warungnya yang di Banyumanik ini deket sama rumah..di depannya soto angkring mas Boed..persis..wo alah..nggak ngeh aku..kalau itu cap cay terkenal tho..hihi..lha soalnya warungnya kecil dan biasa banget..cuma warung tenda gitu dan baru buka beberapa bulan ini. Tapi kata suami..kalau malem lewat situ emang rame. Ya udah akhirnya..aku minta tolong suami buat beli tadi malem..dengan embel2 pesan..tanpa saus *angciu*..jika pake. 

Akhirnya penasaranku terjawab sudah..hemm..menurutku menang di porsi besar aja sich cap cay Pak Tukino ini..mungkin itu kali ya yang bikin rame. Kalau rasa sich..masih kategori biasa menurutku. Enak..tapi nggak istimewa banget..masih jauh lebih enak..cap cay mie Tio Nusantara yang ada di Jalan Sukun Banyumanik..itu baru enak banget cap caynya. Penampilan cap cay mie tio ini juga lebih menarik..dan lebih mewah gitu kesannya..kayak di resto..padahal warung aja lho. Sayurannya di masak sempurna, cuma sebentar gitu di api besar..jadi masih seger..tekturenya masih kres2 dan  menggugah selera gitu..juga dalam potongan besar2. Bakso dan kekiannya juga komplet..ada ati ampela dan ayamnya juga. Sama tipenya sich dengan cap cay Pak Tukino ini..cap cay Semarangan yang pakai kuah kental merah, karena pakai saus tomat merah menyala dan kental..tapi rasanya itu nggak neg, tapi enak dan seger gitu, kalau yang cap cay mie Tio Nusantara. tapi karena kayaknya pakai saus tertentu yang nggak boleh kami makan..jadi sekarang jarang juga beli ke sana lagi. Mungkin saus tomat merahnya itu yang khas..racikan sendiri..soalnya aku sering coba..bikin cap cay pakai saus tomat botolan yang bermerk..rasanya malah beda..hihi. Memang..masak cap cay ala Semarangan memang tergantung sausnya..kalau salah saus..rasanya malah jadi eneg dan aneh. 

Cap cay Pak Tukino ini memang porsi besar , harganya 35 ribu perporsi..cukup murah sich.untuk porsi sebanyak itu..jadi bisa di makan rame2 sampai 4 orang...makanya jadi terkenal dan ngantri2 gitu kali ya kalau di Semarang bawah. Kalau cap cay di mie Tio Nusantara..harganya 16 ribu...bisa di makan berdua. Target ku memang mau mencoba terus bikin resep cap cay ala Semarangan yang bisa seenak cap cay mie tio nusuntara...nanti aku share ya teman..jika udah uji coba lagi dan ketemu resep yang pas. Kalau tanpa saus merah sich..aku udah bisa bikin cap cay yang enak. Masalah bakso dan kekian..juga udah sering bikin sich..jadi menurutku lebih enak bikinan sendiri juga. Memang di Pak Tukino kekiannya lumayan enak..udangnya banyak..tapi rada amis menurutku..mungkin kualitas udangnya. Aku memang sensitif banget sich..karena sering banget masak udang..dan sering bikin kekian juga. Jadi..tau aroma dan rasa udang segar di masakan. Kalau udang yang di pakai seger..aromanya jadi manis dan gurih..misal di campur ke kekian gitu..bukan amis.

Ya..yang penting udah nggak penasaran lagi sama cap cay pak Tukino ini..dan intinya enak sich..tapi nggak istimewa banget menurut aku dan suamiku. Jadi..kalau misal di suruh antri dari jam 12 siang buat ambil tiket dulu untuk beli cap cay ini di Semarang bawah..jelas..emoh..hihi..alias nggak mau. Kalau yang di cabang Banyumanik sich nggak antri begitu untungnya..^^

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts