Laporkan Penyalahgunaan

Brongkos Campur Campur...Yummy.^^




Brongkos...adalah salah satu signature dish..di DiahDidi's Kitchen..selain gudeg..sambel goreng dan aneka masakan Jawa Lain..hihi..banyak amat ya..signature dish nya..iya..kan lidah Jowo terutama Yogya tulen..jadi menu-menu tersebut buat aku adalah menu harian..yang kadang udah di luar kepala masaknya..jadi takaran bumbu dan lain..udah hafal..karena lumayan dari remaja dulu..sering bantu ibu masak menu-menu harian tersebut. 

Dan di Semarang pun..aku tetep sering masak masakan Yogya..dan kebetulan juga suami dan anak kok ya cocok dan suka sama masakan Yogya..jadi..udah kayak *signature dish* kan..hihi..makanan harian..yang jadi ciri khas, dan juga favorit keluargaku. Yodha aja yang pemilih..anehnya kok ya malah suka sama gudeg dan brongkos..lahap dech kalau makan pakai lauk kedua macam ini. Brongkos padahal kan pakai kluwak ya..kental gitu..tapi Yodha malah suka banget..suami juga suka. Brongkos memang enak sich..menu khas Yogya..atau daerah lain juga ada kali ya..tapi di Yogya..brongkos ini lumayan terkenal menjadi salah satu icon kuliner khas Yogya. Banyak warung-warung brongkos yang sudah terkenal..misal brongkos ijo di Jl Magelang..dan juga warung-warung lain. Bahkan ada beberapa resto terkenal yang menjadikan brongkos ini menu andalannya. 

Buat yang dari luar Yogya..kalau belum tahu masakan Brongkos..adalah masakan berkuah khas Yogya yang bumbu utamanya adalah keluak / kluwak. Mirip rawon..tapi lebih legit dan lebih berbumbu..karena brongkos ini berbumbu komplet dan bersantan. Warna kuahnya kecoklatan dan kental..karena memakai kluwak. Brongkos ini akan semakin enak dan *miroso ( meresap bumbunya )..setelah diinapkan semalam..jadi tambah sedep dech. Bahan-bahan yang bisa di brongkos..sangat fleksibel..bisa daging..telur..tahu..kacang tholo ( kacang gude )..labu siam..pepaya muda..bahkan kacang panjang juga enak di bumbu brongkos. Kalau aku suka aku campur-campur aja..bahan apa yang ada. Nah..kemaren aku buat brongkos campur-campur..ada daging..telur..tahu, kacang tholo, kulit melinjo, dan juga kacang panjang..enak dech. Satu masakan udah komplet gizinya..hihi. Sudah ada protein, sayuran juga..hihi. Aku paling suka dech telur rebus yang di brongkos..jadi mlekoh dan coklat banget warnanya. 

Selamat mencoba ya teman..jika suka brongkos..^^
Brongkos Campur Campur

Bahan :
250 gram daging tetelan sapi
100 gram tahu goreng
1/2 ikat kecil kacang panjang
3 - 4 butir telur rebus  / secukupnya
50 gram kacang tholo, rendam air selama 2 jam sebelum di masak
25 gram kulit melinjo merah
1 buah labu siam, potong kotak

Bumbu-bumbu :
8 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah kluwak
1/2 sendok makan ketumbar
1/2 ruas jari kencur
6 butir kemiri
1 sendok makan gula merah
2 buah cabe merah
Santan cair 1000 ml
Santan kental 200 ml
Kaldu bubuk rasa sapi 1 sendok teh dan garam secukupnya
2 ruas jari lengkuas, memarkan
2 batang serai, memarkan
3 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam 

Cara Membuat :
Haluskan bumbu bumbu , lengkuas , serai, salam dan daun jeruk. Tumis hingga harum, lalu masukkan daging, kacang tholo, telur rebus, tahu dan santan cair, masukkan bumbu-bumbu lain, lalu masak dengan api kecil hingga daging matang. 
Masukkan kacang panjang dan labu, serta santan kental, lalu masak kembali hingga sayuran matang dan kuah menyusut. Jika mau lebih meresap, sayur Brongkos bisa di inapkan dan di simpan di kulkas..lalu panasin lagi pagi harinya..rasanya akan semakin enak.






Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts