Laporkan Penyalahgunaan

Ayam Bumbu Klaten



Masakan ayam lagi..hihi..jangan bosan ya teman2..biarpun masaknya ayam..bumbunya beda kok..jadi citarasanya juga beda...dan yang pasti..lidah bakal merasakan..enaknya menu ayam dengan bumbu lain lagi. Kali ini..aku masak ayam bumbu Klaten..kalau di lanjut..masaknya sampai agak kering..bisa di panggang..jadilah ayam panggang ala Klaten..yang kadang2 di plesetkan jadi eyem penggeng. Eyem penggeng ini jadi salah satu menu favorit di salah satu resto terkenal di Yogya..punyanya Pak Butet..jika mungkin ada teman2 yang udah pernah makan di resto Bu Ageng Yogya. 

Ayam bumbu Klaten ini rasanya enak sekali..perpaduan rasa gurih dan sedikit manis..pas banget dengan bumbu2 tebal menyelimuti ayam..karena di ungkep dengan aneka bumbu yang banyak dan santan kental...terus di ungkep dengan api kecil..sampai kuah menyusut dan bumbu2 menyelimuti ayamnya. Nah..kalau mau lanjut jadi ayam panggang..tinggal di panggang aja ayamnya..sambil di oles sisa bumbu ungkepan..yummy dech.

Ayam panggang Klaten ini memang paling enak pakai ayam kampung atau pejantan..tapi karena aku punyanya cuma sayap ayam biasa tadi..buat Yodha..ya udah dech pakai sayap aja..hasilnya..tetep enak kok..malah empuk sayapnya..hemm..Yodha pasti suka nanti dech kalau pulang sekolah. Makanya nggak aku panggang dulu..cuma aku ungkep dulu..sampai kuah menyusut..nanti kalau Yodha pulang baru di panggang bentar. Tapi..walaupun belum di panggang..tadi aku nyicip pakai nasi sepiring..kok ya udah enak banget..hihi..*nyicip atau makan Mak..sepiring..!! *..lha tadi belum sarapan je teman2..jadilah sekalian sarapan sekalian menjelang makan siang..hihi. Ayam panggang ala Klaten ini lebih enak lagi di sajikan dengan sambal sesuai selera..tapi tanpa sambal pun juga enak kok..karena benar2 sudah berbumbu ayamnya. Selamat mencoba ya teman2..jika suka..^^

Ayam Bumbu Klaten

Bahan :
1/2 kg ayam
2 lembar daun salam
1 batang serai
2 lembar daun jeruk
1 sendok teh kaldu ayam
Garam secukupnya
Gula merah 1 sendok makan
Santan kental 800 ml

Bumbu halus :
7 butir bawang merah
3 siung bawang putih
6 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar
1 sendok teh terasi
2 cm lengkuas

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan santan dan semua bumbu lain. Masukkan ayam. Ungkep dengan api kecil hingga kuah meyusut dan kental. Koreksi rasa. Panggang dengan di oles sisa bumbu jika mau lanjut jadi ayam panggang..jika tidak..bisa di hidangkan basah berselimut kuah kental juga enak..^^. Sajikan hangat.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts