Laporkan Penyalahgunaan

Tips Membuat Gorengan Yang Enak


Gorengan...makanan yang hampir selalu ada di keseharian kita ya teman2..entah itu bikin sendiri atau beli..tiap sore di pinggir2 jalan banyak sekali penjual gorengan aneka macam. Namun..pernahkah teman2 beli gorengan..yang keras..berminyak..atau aneh rasanya..?..Aku pernah beberapa kali..bahkan bukan hanya ketika beli gorengan di pinggir jalan..kadang2 ketika makan di restoran..misal resto pemancingan gitu..sambil nunggu pesanan ikan bakar kan biasanya agak lam..ah pasti di selingi dulu sama gorengan..dll. Kadang2..gorengan sederhana seperti bakwan aja..kok pernah nemu yang aneh rasanya..bakwannya sangat berminyak..rasanya hambar atau kadang malah asin..hihi..jadinya..aku yang penggemar goregan sering dech kecewa kalau beli..jadi..lebih sering bikin sendiri kalau gorengan..pastinya lebih enak dan juga lebih sehat...karena kita bisa menggunakan minyak yang bagus..nggak seperti gorengan pinggir jalan yang kadang2 minyaknya udah kecoklatan..bikin batuk dech..hihi.

Membuat gorengan..semua pasti bisa ya..apalagi untuk gorengan umum..seperti mendoan..bakwan..pisang goreng..tahu isi..dll. Namun..kadang setiap orang hasilnya bisa berbeda2. Kenapa bisa begitu..karena walaupun simple dan mudah..ada beberapa tips nich teman2..agar kita bia membuat gorengan yang enak. Baiklah aku share aja ya..siap tahu bisa bermanfaat buat teman2 yang baru belajar memasak..atau yang mau buka usaha gorengan...tips ini dari hasil pengalaamanku aja sich sering bikin gorengan..eksperimen berbagai tehnik..dll..akhirnya sekarang..kalau bikin gorengan..alhamdulilah nggak pernah ada masalah lagi..selalu enak..* pede dech..hihi *

Oke..ini dia tips2 membuat gorengan yang enak ya teman2..gorengannya yang umum2 dulu ya..misal kayak bakwan..mendoan..dll.
  • Selalu gunakan minyak yang bagus dan berkualitas untuk membuat gorengan..agar hasilnya bagus dan enak. Kalau kita buat gorengan dengan minyak jelantah yang udah kecoklatan dan di pakai berulang2..hasil gorengan jadi kurang cantik warnanya..jadi kecoklatan dan kadang2 kotor prmukaannya..terkena sisa2 remahan hasil penggorengan sebelumnya.
  • Ketika menggoreng gorengan, sebaiknya dalam minyak banyak dan terendam, agar mateng sempurna hingga bagian dalam2nya juga. Jika kita meggunakan sedikit minyak untuk gorengan..hasilnya bagian luar mateng..tapi dalamnya biasanya masih agak mentah. Waktu menggoreng..jangan terlalu banyak juga memasukkan bahan yang di goreng ke dalam wajan. Gorengan harus di selimuti gelembung2 minyak agar bisa matang sempurna dan panasnya stabil. Jika terlalu banyak memasukkan bahan yang di goreng ke wajan..makan suhu akan cepat turun dan gelembung minyak berkurang..akhirnya gorengan jadi lebih lama matangnya dan akan sangat menyerap minyak. Untuk menggoreng gorengan lebih baik gunakan wajan yang agak tebal..misal wajan wok dari besi..karena wajan besi ini membuat suhu minyak stabil agar gorengan benar2 matang dan nggak mudah gosong.
  • Untuk gorengan yang di buat adonan seperti bakwan..gunakan tepung terigu protein sedang atau rendah..jangan gunakan tepung terigu protein tinggi ya teman2..nanti akan alot dan keras bakwannya. Sering aku liat di penjual gorengan..adonan bakwan asal dicampur2 semua bahan dan di uleni hingga lama..padahal..hal itu bisa  membuat gorengan jadi alot juga..karena gluten terigu jika di uleni akan terbentuk juga..walau pakai terigu yang protein rendah..jadi sebaiknya kalau bikin bakwan...bikin dulu adonan tepung..di campur bumbu dan air..lalu di aduk aja denga sendok atau spatula..sampai rata..lalu masukkan sayuran isi bakwannya. aduk saja sampai rata..jangan teralu kuat..maka hasil bakwan kita akan lembut..fluffy dalemnya..dan nggak alot. Jika adonan bakwan di uleni..kadang2 sayuran yang mengadung air bisa hancur dan juga membuat adonan tambah encer..misal ..taoge..kol..dll. Jika di uleni terlalu lama dan kuat adonannya dengan sayuran isinya..maka adonan bakwannya semakin encer dan jadi berminyak. Bakwan yang enak adalah bakwan yang garing di luar..namun lembut di dalam..nah..untuk  menghasilkan bakwan yang seperti itu..jangan terlalu encer adonannya. Kalau terlalu encer..bakwan bisa menyerap minyak, jadi ketika mateng akan berminyak dan jadi eneg. Jika ingin bakwan yang lebih renyah..jangan gunakan telur. Telur akan membuat adonan bakwan jadi lebih lembut..tapi ketika sudah dingin jadi lembek. Agar lebih gurih rasa bakwannya, jika suka..bisa di tambahkan ebi di bumbu halusnya.
  • Untuk bakwan jagung..gunakan jagung manis..agar bakwannya lebih enak. Sebagian jagung di pipil..dan sebagian lagi di haluskan kasar agar rasa jagungnya bisa lebih menonjol...tapi tetep ada tekture jagungnya juga.
  • Untuk Membuat pisang goreng..adonan harus pas kekentalannya..nggak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Jika terlalu encer..hasil pisang goreng akan berminyak. Jangan menambahkan gula terlalu banyak ke adonan kulit pisang goreng. Jika terlalu banyak akan cepat gosong pisang gorengnya. Agar lebih harum dan wangi pisang gorengnya bisa di tambahkan vanila esen di adonannya. Jadi pisang gorengnya tambah wangi dan mengundang selera. Gunakan pisang kepok yang belum terlalu matang dan lembek agar pisang goreng bisa lebih bagus bentuknya, misal bisa di bentuk kipas..sehingga bisa keliatan lebih cantik..dan juga lebih besar hasilnya..sehingga jika di jual lebih menarik pembeli.
  • Untuk membaut tempe mendoan..gunakan tempe papan agar lebih mudah di potong tipis2. Adonan tempe mendoan akan lebih enak jika di tambah daun bawang atau kucai. Agar lebih krispi hasil tempe mendoanya bisa di tambah sedikit tepung beras atau tepung tapioka di adonan pencelupnya. 
  • Untuk tahu isi..adonan kulitnya harus encer..tapi di tambahin tepung beras sehingga jika di goreng akan renyah dan tidak bermiyak kulit tahu isinya. Gunakan tahu pong yang berkantung agar bisa di isi dengan bahan isian lebih banyak.sehingga lebih enak dan keliatan besar2. Untuk vaiasi adonan isi..bisa di buat pedas..di tambah cincangan ayam atau udang..dll. tapi tentu saja kalau buat di makan sendiri ya teman..hihi..kalau buat di  jual ya jadi mahal nanti biaya bahannya. Untuk di jual..lebih baik di varaisi rasa aja..misal tahu isi pedas..tahu isi rebung,..dll.
  • Jika untuk di makan sendiri..gorenglah gorengan sesaat sebelum di sajikan jadi masih terasa hangat dan semakin nikmat gorengannya. Bahan2 bisa di racik dulu sebelumnya..misal mau buat mendoan..udah di potong tipis2 dulu tempenya..adonan pencelup juga udah di buat..lalu di taruh kulkas..ketika suami tercinta atau keluarga lain sudah berkumpul di rumah..tinggal di goreng dech..jadi gorengan selalu tersaji hangat.
  • Untuk di jual..coba lengkapi gorengan dengan sambal kacang..dengan sedikit tampil beda seperti ini..sudah menarik lho buat pembeli. Dulu waktu di Yogya..ada salah satu penjual gorengan yang melengkapi gorengannya dengan sambal kacang..jadi setiap beli gorengan apa saja...pasti di kasih sekantung kecil sambal kacang..dan ternyata berhasil lho menarik minat pembeli..tiap hari penjual gorengan tersebut laris manis dech. Memang sambal kacang cocok kok buat cocolan gorengan..selain saus tomat atau saus cabai. Dengan sedikit inovasi..pasti akan tampil beda dan laris manis dech..jika ada teman2 yang mau buka usaha gorengan. Semangat ya..banyak lho penjual gorengan yang berhasil dan bisa untuk membiayai hidup keluarga juga. Karena ya itu tadi..orang Indonseia..tidak bisa lepas..dari gorengan..hihi..termasuk aku..rasanya kok putus hubungan sama sekali dengan makanan yang di goreng2..jadinya ya..selalu nggak bisa maksimal kalau mau diet..hihi. 
  • Untuk gorengan yang lebih gurih..lebih baik gunakan kaldu bubuk daripada msg..kaldu bubuk bsia ayam atau sapi. Kaldu bubuk beda lho sama msg rasanya jika di buat campuran adonan gorengan. Kaldu bubuk..di buat dari daging ayam atau sapi yang di ektrak jadi bubuk...di tambah rempah2 khas kita..jadi tentu saja gurihnya lebih soft dan alami. Walau ada yang pakai penguat rasa juga..tapi kan tetep lebih banyak sari pati ayam atau dagingnya. Beda dengan msg yang benar2 murni penyedap rasa, kalau terlalu banyak di pakai di gorengan..rasanya nanti malah akan jadi neg dan aneh.  
  • Jika ingin menghangatkan gorengan..jangan di goreng lagi pakai minyak ya teman2..cukup di panaskan saja di teflon anti lengket tanpa minyak..atau kalau mau praktis..panaskan saja di microwave sebentar..atau pakai oven listrik juga bisa..taruh di loyang , cukup di panaskan sebentar saja ya..asal sampai hangat atau panas kembali..jangan kelamaan..ntar bisa gosong dech..hihi.
Oke..selamat mencoba ya teman..jika suka gorengan..semoga sedikit tipsnya bermanfaat..tapi..jika mau tetep langsing..jauh2 dech dari gorengan  ya..hihi.

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts