Laporkan Penyalahgunaan

Tempe Kremes..Renyah, Nyarang dan Tebal Kremesannya..^^


Kremesan..adalah salah satu menu yang sering banget aku bikin..dan aku posting di blog. Kali ini kremesan ekonomis aja..nggak ada ayam..tempe pun bisa di buat kremesan yang gurih dan enak kok teman2..nggak percaya...yukk di coba. Tempe goreng garing yang di selimuti kremesan yang renyah..tebal..dan nyarang..enak banget di buat makan nasi hangat plus sambal. Postingan ini sekaligus menjawab pertanyaan beberapa teman via email..yag nanyain cara bikin kremesan yang bisa tebal dan nyarang..yukk mari di coba..siapa tahu cocok dan sesuai selera. Sebelum mencoba resep kremesan..ada baiknya baca tips2 cara membuat kremesan yang enak..yang udah aku posting dulu. Silahkan klik di sini ya..supaya meminimalisisr kegagalan dalam pembuatan kremesan.

Kremesan yang satu ini sangat unik cara buatnya..karena terbuat dari tepung tapioka semua dan adonannya nanti jadi kental sekali kayak bikin lem..hihi..tapi lem berbumbu..setelah itu adonan ini matang, lalu di haluskan pakai blender dan di tambah kuning telur. Nah..adonan kremes siap di gunakan..dan bisa di variasikan untuk membuat kremes apa aja..ayam..udang..lele..ikan lain..bahkan tahu tempe pun kayak yang aku buat ini ok juga..jadi..nggak susah kok bikin kremes. Kalau yang pakai sistem ini..hasil kremesannya renyah banget dan warnnya juga cantik..nggak gampang gosong..juga nggorengnya pun relatif cepat di banding metode kremesan yang cair. Nah yang pas seru adalah ketika menggoreng kremes pake cara ini..sangat unik..adonan kental yang kayak lem tadi..kalau di masukin ke minyak panas..akan menyebar dan pecah jadi kremesan..sama kayak kremes adonan cair gitu..seru dech..kayak main sulap..hihi.

Nah..sudah siap mencoba teman2..sedikit tips ya..adonan lem kremesnya di blender pada saat masih panas ya, jadi bisa lembut. Minyak untuk menggoreng kremes tehnik ini harus banyak ya..dan api sedang saja..tapi masukkan adonan ketika sudah benar2 panas. Ketika adonan sudah setengah kering..kumpulkan agar menyatu menyelimuti bahan yang di kremes. Simpan kremesan di wadah tertutup setelah matang dan dingin..supaya awet kriuknya. Nah..kalau mau di aplikasikan buat kremesan ayam goreng..pas merebus ayam..sisain airnya untuk membuat adonan kremes ini..jadi nanti rasa kremesnya tambah enak, rasa ayam..hihi..tapi kurangi atau hilangkan bumbu halusnya ya..nah ..kalau buat kremesan yang lain kayak udang..tahu tempe dll..ya pakai air biasa dan di kasih bumbu..seperti resep berikut ini..selamat mencoba teman2..semoga sukses..sekian dulu pelajaran kremesan ya ..nanti kalau aku nemu tehnik baru ku share lagi..hihi..
Tempe Kremes

Bahan :
Tempe 250 gram, potong tipis
Bawang putih 2 siung, haluskan
Ketumbar 1/2 sendok teh, haluskan
Garam secukupnya
Sedikit air

Bahan Kremesan praktis :
100 gram tepung tapioka
300 ml air
3 siung bawang putih
1 sendok teh bumbu kaldu bubuk rasa ayam
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh merica bubuk
1 buah kuning telur

Cara Membuat : 
Bumbu tempe dengan bumbu hkaus dan garam, sisihkan.

Adonan kremesan :
Haluskan bawang putih, campur dengan air dan bumbu2 lain. Masukkan tepung tapioka. Lalu aduk dan masak sampai adonan kental sekali dan bening. Lalu blender / atau pakai food processor, proses sampai adonan halus selagi masih panas2. Masukkan kuning telur , blender lagi sampai halus dan tercampur rata. Adonan kremes siap untuk di gunakan.Goreng tempe hingga setengah kering, masukkan satu sendok adonan kremesan, biarkan menyebar dan menyarang, masukkan  1 potong / 2 potong tempe, lalu selimuti dengan kremesan yang sudah setengah kering, goreng hingga kremesan matang dan renyah. Lakukan hingga adonan habis.
  • Adonan pertama kremesannya setelah di masak kayak gini..kental sekali seperti lem.
  • Adonan setelah di blender dan di campur kuning telur, hasilnya jadi lembut. Walaupun kelihatan kental..tapi kalau terkena minyak panas, nanti akan menyebar dan bersarang membentuk kremesan yang renyah
  • Tempe kremes...siap di nikmati..enjoy..! ^^


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts