Laporkan Penyalahgunaan

Sus Kering Keju


Pas ke Yogya beberapa waktu lalu..kita sempat beli sus kering di sana satu bakery ternama di sini..buat bekal cemilan Yodha di jalan..eh ternyata dia suka sama sus keringnya..di jalan cemal cemil sampai habis. Akhirnya aku kepikiran buat bikin sendiri aja di rumah..dan ingat dulu pernah sekali bikin sus kering dan berhasil ..tapi dulu aku isi dengan coklat sus keringnya. Kali ini aku bikin yang gurih..pakai keju..soalnya Yodha suka yang gurih.

Dan..berhasil dech...enak dan gurih susu keringnya. Kejunya karena baru coba2 aku kasih 50 gram saja..tapi udah lumayan terasa..tapi buat penyuka keju..mungin kurang nendang kali ya..kalau cuma segitu..boleh..di tambah sesuai selara saja. Sus kering ini sebenernya mudah saja buatnya..cuma harus sabar mencetak dan memanggangnya ya teman2..karena memang butuh waktu , men spuit kecil2 dulu di loyang kemudian di panggang sampai benar2 kering. Tapi nggak masalah kok..nggak usah di tungguin sampe stress ya memanggangnya..enjoy aja..di sambi masak lain..nonton tivi atau main bareng anak..pasti dech nggak kerasa..hihi.

Selamat mencoba ya teman2..jika suka sus kering..ini dia resepnya :

Sus Kering Keju

Bahan : 
100 gram Margarin
250 ml air
1/4 sendok the garam
125 gram tepung terigu protein sedang
3 butir telur
1 sendok teh baking powder double acting
50 gram keju parut ( boleh lebih jika suka )

Cara Membuat :
Rebus air, margarine dan garam sambil diaduk sampai mendidih.Matikan api. tambahkan tepung terigu. Aduk sampai rata, nyalakan api. Masak sambil diaduk sampai kalis. Angkat dan biarkan hangat. Masukkan keju parut, aduk rata.
Masukkan telur satu persatu dan backing powder sambil di kocok rata. Masukkan dalam kantung plastik segitiga.semprot adonan dengan spuit kerang di loyang yang di oles tipis margarine. Oven 20 menit dengan suhu 200 C, setelah itu turunkan suhunya jadi 150  C ,oven lagi 20 menit.

Tips : 
Adonan sebelum di campur telur harus hangat  ya..jika masih panas telur bisa matang dan nanti susnya nggak mau ngembang, kalau terlalu dingin,...susah nyampurnya ke adonan telurnya.
Baking powder double acting.wajib di pake..agar kue sus keringnya bisa renyah. Baking powder double acting ini mempunyai kekuatan double..dalam proses pengembangan dan membuat renyah..karena bekerja juga ketika adonan di oven. Merk yang ada di pasaran misal : Hercules.





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts