Laporkan Penyalahgunaan

Step by Step, Tips & Trik Membuat Cake Labu Kuning Lapis Coklat


Postingan resep cake labu kuning lapis coklat ini...lumayan jadi * most wanted recipe *..yang banyak di cari di blog ini. Banyak teman2 yang udah nyoba. Banyak yang berhasil..dan bilang enak..tapi ada juga beberapa teman2 yang belum berhasil membuatnya. Baiklah..karena kebetulan kemaren aku bikin lagi..buat di bawa nengok Eyang Kakungnya Yodha yang sakit..jadi..aku posting lagi dech cara membuatnya ya..beserta step by step..dan tips dan triknya ya teman2. 

Semoga bermanfaat..buat teman2 yang belum nyoba..atau udah nyoba tapi belum berhasil..jangan menyerah ya..gagal bikin cake..sekali dua kali..biasa..anggap aja proses belajar ya..jangan langsung putus asa atau  nyalahin resepnya..hihi..nanti lama2 jadi bisa juga kok..apalagi buat pemula yang baru belajar bikin cake..biasanya rada keder dan mengalami kesulitan ya..jika membuat cake yang di campur manual begini. Semoga semuanya bisa bikin cake labu kuning kukus yang enak dan lembut, serta menul menul ini ya..hihi. 

Semua jurus udah ku keluarkan nich..jurus step by step..tips dan trik..semoga jelas ya. Jadi buat teman2 yang kemaren belum berhasil bikin cake ini..silahkan di cermati dan di telaah mana step2 yang terlewat kemaren ya. Selamat mencoba kembali. ..tapi kalau masih belum berhasil juga..waduh....jadi bingung juga aku hihi...jika udah sejelas dan sedetil ini masih belum berhasil juga...ya udah..panggil aku aja ke rumah ya..nanti tak kasih kursus privat..hihi. Ehh..apa beneran buka privat bikin kue aja kali ya..kemaren tuch sempat ada yang email aku...ibu2 minta kursus privat bikin aneka kue selama 1 minggu..hihi..tapi maunya di Jakarta..waduch..jauh ya..tapi kalau transportnya di tanggung ya nggak pa2 dech ya..hihi...*mulai matrekkk..hihi..*..tapi jika mau ya nggak pa2 sich ya..itung2 jalan2..:)

Oke dech daripada ngelantur ceritanya..yukk mari..simak step by step bikin cake kukus labu kuning ini ya teman2..semoga bermanfaat..dan jangan sungkan tinggalkan komentar..jika ada yang kurang jelas ya teman2..^^

Step by Step Mebuat Cake Kukus Labu Kuning
  • Aduk rata dan ayak :
    85 gram tepung terigu protein sedang
    15 gram susu bubuk
  • Aduk rata dan saring hingga halus..atau bisa juga di blender..atau di haluskan pakai food processor..yag penting hasil akhirnya adonan labunya harus halus seperti foto di bawah ini.
    75 gram labu kuning kukus, dihaluskan
    75 ml santan dari 1/4 butir kelapa hangat ( aku pakai santan instan Bumas 50 ml ,  di encerkan jadi 75 ml )
  • Siapkan bahan2 berikut, taruh di mangkuk adonan. Ingat..ingat..kom adonan harus bersih ya..bebas minyak atau lemak..karena jika terkena minyak atau lemak..nanti telurnya ngambek lho..nggak mau ngembang...hihi. Emulsifiernya juga harus masih bagus ya kondisinya..kalau udah kelamaan di simpan..ya lebih baik ngalahi ke tbk..beli dulu yang baru. Merk emulsifier yang ada di pasaran : SP / TBM / Ovelat. Telur..sudah pasti harus fresh dan suhu ruang..ciri telur fresh..kuning telurnya masih utuh dan nggak pecah waktu di tuang ke mangkuk adonan.
    3 butir  telur
    75 gram gula pasir
    1/4 sendok teh garam
    1/2 sendok makan emulsifier (sp/tbm/ovalet )
    1/4 sendok teh vanili bubuk
 
  • Kocok campuran bahan di atas hingga mengembang dan kental berjejak seperti ini. Ciri kocokan telur yang benar2 mengembang..ada jejak2 garis2 detail dan jelas yang nggak mudah hilang kayak foto di bawah..membentuk kayak pita gitu adonannya..dan jika mixer di angkat..jadi membentuk jambul runcing dan nggak jatuh sisa kocokannya. Lamanya memixer nggak bisa di jadikan pathokan ya..karena kekuatan masing2 micer berbeda2..kan aku nggak tau teman2 pake merk apa mixernya..^^..kalau aku pakai hand mixer philip..nggak nyampe 10 menit biasanya udah kaku gini dech..^^
 
  • Nah..ini bagian yang bagi pemula..mungkin agak susah..mencampurkan terigu dan bahan kering lain ke kocokan telur yang sudah mengembang. Tehnik yang kita pakai untuk mencampur ini..di sebut tehnik aduk balik..jadi..masukkan tepung terigu dan bahan kering lain, yang sudah di ayak, ke adonan dalam dua tahap..tapi kalau udah yakin dan biasa bikin cake..langsung tuang sekali langsung sambil di ayak ya nggak masalah karena cuma sedikit ya..jumlah terigunya..jika belum pede..lebih baik di ayak dulu campuran tepungnya, baru di masukkan ke adonan..^^ Campur perlahan tapi pasti..jangan terlalu kuat ngaduknya dan terlalu lama juga di ubek2 kocokan telurnya ya..nanti bisa turun lagi..hihi. Aduk balik dengan perlahan tapi pasti , di aduk melipat dari arah dasar adonan ke arah badan kita. Pastikan semua bahan tercampur dengan rata ya teman2.
 
  • Kocokan telur dan terigu serta bahan kering lain sudah tercampur rata..yukk ..lanjut step berikutnya..masukkan campuran labu kuning dan santan, aduk rata juga dengan tehnik aduk balik lagi..perlahan tapi pasti ya..sampai adonan benar2 rata sampai ke dasar2 mangkuk. Kalau mau lebih mudah..pakai mangkuk adonan yang terbuat dari kaca..biar bisa keliatan..adonan bawah udah tercampur atau belum.
 

 
  • Ambil sepertiga adonan, beri 1/2 sendok teh pasta coklat / atau sesuai selera ..kalau aku pakai pasta coklat dark chocolate merk red bell..warnanya bagus..walau cuma dikit pakainya. Aduk rata perlahan, jangan di aduk2 terlalu kuat ya mencampurnya..nanti jadi kempes atau turun dech kalau di kukus. Walaupun di campur pasta coklat..adonannya tetep harus kental dan nggak jadi encer ya. Masih nampak gelembung2 kecil adonan seperti foto di bawah ini.
  • Selanjutnya..olesi cetakan dengan minyak sampai rata. Bagian lekuk2 kecil bunganya juga..supaya nanti kuenya mudah di lepas ketika sudah matang. Tuang 1 sendok adonan coklat ke dalam cetakan. Nggak perlu di ratakan..nanti kalau di kukus rata sendiri kok permukaannya. Justru ketika adonan di tuang nggak rata..itu tandanya adonan bagus..masih mengembang dan kental..jika di tuang ke adonan jadi rata..itu artinya adonannya turun dan jadi encer.
  • Kukus adonan coklat selama 10 menit di api sedang. Jangan lupa..pas adonan masuk..kukusannya sudah di panaskan terlebih dahulu ya..dan sudah beruap.Tinggi air di kukusan..jangan banyak2..jangan terlalu dekat dengan angsangnya..supaya nggak naik airnya ke angsang..kalau airnya mendidih ya. Maksimal setengah tinggi angsangnya saja. Lapisi tutup kukusan dengan serbet..supaya airnya nggak menetes di kuenya. Setelah kue di kukus selama 10 menit, taruh coklat meises di tengah ya..jangan di ratakan..nanti kurang cantik kuenya..karena meisesnya nyembul2 ke pinggir2 kue. Meisis ini memberi sentuhan rasa coklat yang enak di cakenya..tapi jangan terlalu banyak juga ya ngasihnya..nanti rasa alami labunya kalah oleh manisnya meises.
  • Selanjutnya...tuang adonan warna kuning ke dalam cetakan di atas adonan coklat..secukupnya. Lalu kukus kembali selama 10 menit, lalu lepaskan dari cetakannya. Sajikan..cake labu yang menul2 siap di santap. Paling enak di santap dalam konsisi hangat..lembut..moist dan sedappp..! Tapi walau udah dingin ya tetep enak dan lembut juga sich. Cuma..cake kukus ini jangan di simpan lama2 ya..misal berhari2 gitu..sebaiknya langsung di habiskan..atau bisa juga di simpan di kulkas..buat esok harinya masih enak. Jika mau makan..di  kukus lagi sebentar..jadi menul2 lagi dech. Tadi aku buat bekal Yodha sisanya..masih enak dan menul2 sama rasanya kayak kemaren habis ngukus.

  • Jika ngoles cetakannya rata..cake akan mudah di lepas..seperti ini dari cetakannya..^^
  • Cake kukus labu kuning..yang lembut dan menul menul...siap di santapppp..^_^
  • Sambil motret cemal cemil...jadi sekalian bisa di foto close up bagian dalamnya...liat dech tekture bagian dalamnya teman2..lembutt kan..^_^



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts