Laporkan Penyalahgunaan

Soto Betawi Daging


Soto Betawi..jenis soto bersantan dan berbumbu rempah kuat..yang tentu saja berasal..dari Betawi ya teman2. Aku udah sering buat soto ini..karena memang keluarga di rumah pada suka. Biasanya..bikin soto Betawi komplet..pakai jerohan juga..tapi kadang2..pakai daging aja juga enak. Berbagai resep soto Betawi udah aku coba. Biasanya aku buat sich yang kuah putih bersih warnanya tanpa kunyit, dan di resep terakhir aku coba juga versi yang pakai susu. Tapi kemaren baca2 tabloid info kuliner edisi lama..ada liputan tentang soto Betawi yang terkenal di Serpong Tangerang..yaitu Soto Betawi H. Mamat. Selain ulasan tentang warungnya..juga di ulas resep aslinya..dan ternyata beda sedikit dari soto Betawi yang biasanya aku coba..yaitu pakai kunyit dan cabe merah..wah..aku langsung pengen coba dech. Akhirnya kemaren coba..dan ternyata enak juga. Tetep seger rasanya dan ada rasa khas soto Betawi nya juga..karena tetep sama..pakai rempah2 yang banyak. Tapi..biar Yodha tetep bisa makan..walau pakai cabe..tapi aku buang bijinya..jadi nyumbang warna cerah aja..tapi nggak pedes. 

Tapi..resep aslinya dari H. Mamat tersebut aku modifikasi sendiri..nggak pakai jerohan kayak aslinya..tapi pakai daging aja..dan juga aku tambahin wortel dan kentang..biar ada variasi dan ada sayurnya buat Yodha. Bumbu2 juga aku sesuaikan seleraku jumlahnya. Ide pakai kentang dan wortel ini..aku niru soto Betawi langganan kami di Semarang sini. Di dekat rumah ada rumah makan ayam pejuang yang menyediakan soto Betawi juga..nah di sana soto Betawinya rasanya enak dan otentik juga..tapi penyajiannya di tambahkan wortel dan kentang..jadi suka dech. Nah..jika teman2..mau yang asli saja..kentang dan wortel boleh di hilangkan..kalau mau coba. Tapi menurutku nggak mempengaruhi rasa kok penambahan kentang dan wortel ini..cuma buat variasi aja..dan tambah sehat tho buat anak2..karen ada sayurannya. Buat yang suka jerohan..boleh juga di tambah jerohan. Tapi kalau bikin soto Betawi pakai jerohan..jerohannya di rebus terpisah ya teman2..jangan di rebus bareng dagingnya...karena air rebusan dagingnya di buat kuah sotonya. Jika pakai daging aja..paling enak adalah pakai daging yang sedikit berlemak..misal daging tetelan gitu..jadi bisa empuk dan gurih. Selamat mencoba ya teman2..jika suka soto Betawi..^^
Soto Betawi

Bahan :
500 gram daging sapi 
2 buah wortel, potong bulat
2 buah kentang, potong kotak
2000 ml air
Santan kental 500 ml
2 batang sereh
3 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk purut
2 cm lengkuas, memarkan
3 cm kayu manis
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh pala bubuk 
Gula pasir 1 sendok teh
Kaldu bubuk sapi jika suka dan garam secukupnya

Bumbu halus :
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 cm kunyit
2 cm jahe
3 buah cabai merah
4 butir kemiri
1/2 sendok makan ketumbar
1/2 sendok teh jintan

Pelengkap :
Nasi putih
Bawang goreng secukupnya
Tomat, di potong2
Sambal rawit dan kecap secukupnya
Jeruk limo ( jeruk sambal )
Emping goreng

Cara membuat :
Rebus daging sapi dan air hingga keluar kaldunya. Ukur 1500 kaldunya.
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan air kaldu, santan dan semua bumbu2 lain. Masukkan daging, wortel dan kentang.
Masak dengan api kecil, sambil seskali di aduk supaya santan tidak pecah hingga bumbu meresap dan daging empuk.
Sajikan dengan nasi putih, sambal rawit, kecap, jeruk limo, potongan tomat dan emping goreng
 

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts