Laporkan Penyalahgunaan

Sosis Solo Goreng Balut Telur


Akhirnya giliran aku yang ko...kemaren 3 hari nungguin Yodha di RS ..pas di sana sich karena khawatir anak sakit ya sok kuat aja ya..hihi..walau di hari pertama semalaman gantian berjaga sama suami..karena demam Yodha masih tinggi dan masih ngigau2. Baru terasa nge drop..setelah pulang ke rumah nich..badan terasa remuk redam..kemaren aku sempat demam juga setengah hari...untung..sore udah baikan..langsung tak buat tidur gitu..siang sampai sore. Cuma..masih nggregesi semua badan nich..males banget makan. Pahit semua rasanya. Kemaren di rumah sakit suamiku yang udah ngalami gejala gitu..nggak doyan makan..kalau aku sich masih doyan2 aja pas di rumah sakit..hihi..pokoknya prinsip biar tahan banting..ngemil terus pas di sana..walau jarang makan makanan berat. Untung di rumah sakitnya ada outlet bakery favoritku yang jajanannya enak2..jadi walaupun nggak makan nasi dll..tetep bisa ngemil yang enak2..soalnya selain bakery cuma ada fast food di dalam rumah sakitnya..mau keluar kok ya males kadang. Makanan kantinnya pernah beli..kurang enak..ya udah akhirnya ngemil2 aja kemaren2.

Nah..karena lagi pait nich mulut..nggak bisa kemasukan nasi dll..iseng tadi liat di kulkas masih ada stock ayam..jadi kepikiran pengen bikin cemilan aja..yang bergizi gitu..jadi nggak makan nasi nggak pa2. Akhirnya aku bikin aja sosis solo goreng..soalnya kemaren makan sosis solo goreng dari bakery langgananku itu enak banget. Jadi pegen bikin dech tadi di rumah. Sosis solo goreng yang ku makan di bakery kemaren kulitnya di balut telur..jadi lebih gurih gitu dan kulitnya jadi tetep lembut...nggak jadi kering. Jadi aku tiru dech tehniknya..tadi aku bikin sosis solo gorengnya di balut telur. Hasilnya memang lebih enak dan kulitya tetep lembut...dan gurih. Cuma ...dasar mulut nich masih pahit..ya tetep aja..makan satu biji udah...padahal biasanya gorengan sosis Solo gini aku suka banget. Ya..namanya juga lagi nggak nafsu makan..walaupun enak kok apa2 ya tetep pahit di mulut.

Memang kok..beberapa hari terlhir ini cuaca di Semarang rada ekstrim dinginnya..tiap hari hujan dan berangin..di dalam rumah aja bisa sepoi2 anginnya kayak di pantai. Kalau daya tahan tubuh nggak oke ya mudah dech..sakit flu..masuk angin dll. Kalau malam apa lagi..tambah dingin. Jadi jaga kesehatan ya teman2..supaya nggak mudah sakit di musim hujan gini. Oke..jika suka sosis Solo goreng..selamat mencoba ya teman2..ini dia resepnya, fotonya wis asal ada dulu ya..soalnya hujan terus dari pagi..nggak ada matahari teman2..hihi..jadi asal jepret di dapur..^^



Sosis Solo Goreng  Balut Telur

Bahan Kulit :
150 gram tepung terigu protein sedang
300 ml air
1 butir telur ukuran besar atau 1 1/2 butir telur kalau ukuran kecil
1/2 sendok teh garam

Bahan pencelup : 1 butir telur kocok lepas

Bahan isi :
150 gram daging ayam bagian dada, rebus hingga matang dan suwir halus ( tadi lagi males nyuwir2..tak halusin aja bentar pakai food processor..^^ )
3 siung bawang merah
1 siung  bawang putih
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh bumbu kaldu ayam bubuk
1/2 sendok makan gula pasir
50 ml santan

Cara Membuat :
Kulit :
Campur semua bahan kulit, aduk rata, saring hingga adonan halus dan tidak menggerindil
Buat dadar kulit tipis tipis ( pakai wajan kewalik, jika mau lebih mudah )

Isi : Haluskan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum. Masukkan ayam. Aduk rata.
Tambahkan santan dan bumbu2 lain. Aduk sampai bumbu meresap dan kering. Koreksi rasa. Isian sosis Solo harus gurih dan sedikit ada manisnya yang enak. Dinginkan.

Penyelesaian :
Ambil selembar kulit Sosis, isi dengan sedikit bahan isi. Bentuk seperti lumpia...tapi lebih kecil dan panjang. Celup ke kocokan telur hingga rata. Goreng hingga kuning kecoklatan.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts