Laporkan Penyalahgunaan

Semur Betawi




Semur Betawi..adalah semur khas Betawi yang berbumbu lebih kuat dari semur Jawa..karena memakai banyak rempah2. Sebelumnya aku ragu..mau nyoba buat semur ini dari dulu..karena aku liat kok berbumbu rempah2 yang banyak. tapi setelah aku coba..rasanya enak..seua suka dech di rumah. Di makan dengan nasi hangat saja..sudah nglawuhi..kuahnya aja enak banget buat cocolan nasi..hihi. Tapi ya memang pada dasarnya kami suka dech olahan semur..jadi versi apa ..suka dech.

Oh ya...sesuai prinsip..mak irit..ekonomis tapi enak..semurnya campur2 dech isinya..ada daging sapi..tambahin telur sekalian..dan juga kentang..hihi..komplet dech. Oh ya..kalau mau buat semur Betawi ini...dagingnya pilih daging yang cepat empuk aja ya..dan di masak dengan api kecil..supaya bisa meresap bumbu2nya dan dagingnya bisa empuk. Selamat mencoba ya teman2..jika suka..^^
Semur Betawi

Bahan :
500 gram daging sapi, dipotong-potong 
250 gram kentang, dipotong 
3 butir telur
8 butir bawang merah, diiris tipis
2 buah tomat, dipotong-potong
1/2 sendok teh pala bubuk
3 butir cengkeh
3 cm kayumanis
4 sendok makan kecap
1 sendok teh garam / kaldu sapi secukupnya.
1.500 ml air
Bawang goreng secukupnya untuk taburan

Bumbu halus: 
4 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica butiran
2 cm jahe
6 butir kemiri, disangrai 
1 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh jintan

Cara membuat :
Panaskan minyak secukupnya.
Tumis bawang merah hingga harum, masukkan bumbu halus, tumis hingga matang.
Masukkan daging. Aduk sampai berubah warna. Masukkan kentang dan telur serta air. Masukkan tomat, pala bubuk, cengkeh, kayumanis, kecap manis, dan garam. Masak daging sampai empuk dan bumbu meresap. Sajikan dengan taburan bawang goreng.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts