Laporkan Penyalahgunaan

Pedas Manis Ayam Bakar Bumbu Rujak..Sedapp...! ^^


Ayam...hampir tiap beberapa hari sekali pasti aku beli..buat persediaan di dapur. Nah..kadang2 bosan juga kalau di masak gitu2 aja..misal di buat ayam goreng atau ayam ungkep biasa. Makanya banyak sekali variasi resep ayam di dapur ku ini..di antaranya adalah ayam bumbu pedas. Dari berbagai resep ayam pedas dari berbagai daerah yang sudah aku coba..paling suka ya ayam panggang bumbu rujak ini. Soalnya....di akhir masaknya..pakai kecap manis..jadi ada rasa2 manisnya gitu. Biasa..lidah Jawa..hihi. Ayam bakar bumbu rujak ini adalah ayam bakar bumbu komplet ..bukan bumbu rujak dalam artian sebenernya lho ya..tapi bumbu ungkep komplet biasa yang di tambah cabe dan di beri kecap manis di waktu akhir masaknya..kemudian di bakar.

Mungkin mirip2 bumbu Bali ya teman2..tapi citarasanya berbeda kok. Kalau ayam bumbu rujak ini...lebih terasa gurih manis. Paling enak di nikmati hangat dengan nasi putih hangat..nggak perlu sambel lagi dech..udah pedas dan menggugah selera. Agar hasil bisa lebih enak..lebih baik gunakan ayam kampung atau pejantan. tapi jika tidak ada ya ayam broiler biasa juga boleh. Ungkep ayam dengan api kecil agar bumbu2 bisa meresap sempurna. Jika mau pedas banget..gunakan banyak cabe rawit ya.Kalau aku sedang2 aja pedasnya..jadi cuma aku tambah beberap buah cabe rawit..dan lebih banyak cabe merahnya.
Ayam Bakar Bumbu Rujak

Bahan :
1 ekor ayam pejantan
2 lembar daun salam
2 batang sereh
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok teh air asam Jawa
Kaldu ayam jika suka dan  garam sesuai selera
Gula merah 1/2 sendok makan
Air kelapa 500 ml plus 500 ml santan kental
Kecap manis 2 - 3 sendok makan

Bumbu halus :
8 siung bawang merah
3 siung bawang putih
10 buah cabai merah dan cabe rawit sesuai selera
1/2 sendok teh merica butiran
1/2 sendok makan ketumbar
8 butir kemiri
2 cm kunyit
2 cm jahe

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan ayam, air kelapa, santan dan semua bumbu lain. Ungkep dengan api kecil..sambil sesekali di koreksi rasanya hingga santan menyusut. Terakhir masukkan kecap manis sesuai selera, aduk rata.
Bakar sambil di oles sisa bumbu.
Sajikan dengan lalapan.

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts