Laporkan Penyalahgunaan

Nasi Bakar Isi Bandeng Presto Cabe Hijau


Resep nasi bakar isi bandeng ini aku dapat ide dari bakery langgananku. Pas kemaren nunggu Yodha sakit itu..sering jajan nasi bakar ini di rumah sakit..Jadi suka dech. Rasanya enak..ikan bandeng presto..ternyata enak di jadikan isian nasi bakar. Apalagi di bumbu cabe hijau..nyam nyam dech. Nasi bakar ini sebenernya mirip2 dengan arem2..cuma ukurannya lebih besar dari arem2. Setelah di kukus..nasi kemudian di bakar untuk  menciptakan aroma bakarannya. Di makan anget2..plus sambal yang pedas kalau ada..yummy dech...tinggal di tambah tempe atau tahu goreng. Tambah sipp lagi dech.

Tips untuk membuat nasi bakar yang gurih atau arem2..agar nasinya luak dan saling menempel..aku udah ketemu caranya..yaitu penambahan santan di akhir pengukusan saja..ketika nasi aron udah matang dan empuk. Jadi hasilnya lebih pulen nasinya dan nggak pero banget. Cuma memang harus pakai santan instan..kalau santan di tambahkan di akhir mengukus..supaya lebih mudah terserap oleh nasi santannya dan tidak kelembekan hasilnya. Kalau santan di tambahkan di awal..nasi jadi terpisah2 dan sulit untuk menyatu nasinya karena terlapisi santan. Santan kan mengandung minyak. Atau kalau mau lebih sehat ya..nggak usah pakai santan..malah bisa pulen banget nasinya...^^
Nasi Bakar isi Bandeng Presto Cabe Hijau

Bahan nasi :
300 gram beras
500 ml air
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
2 batang serai
3 sendok makan santan instan kemasan

Bahan tumisan bandeng :
1 buah bandeng presto ukuran sedang, goreng , lalu suwir2
8 buah cabai hijau ( sesuai selera pedasnya ), ulek kasar
6 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 sendok teh gula merah
Garam atau kaldu bubuk sesuai selera
Air 50 ml

Cara membuat :
Masak beras dan air, serta rempah2 dan garam sampai air habis. Kukus sampai matang. Jika nasi udah matang, tambahkan santan instan, lalu aduk rata dan kukus lagi sebentar sampai santan meresap.

Tumisan : Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang, tambahkan cabe hijau, tumis hingga layu. Tambahkan air dan semua bumbu lain. Aduk rata dan masak hingga meresap dan kering. Dinginkan.

Penyelesaian : Ambil 2 lembar daun pisang, beri nasi secukupnya, ratakan, lalu isi dengan bahan tumisan secukupnya, bentuk lonjong, semat kiri kanan dengan lidi. Kukus selama 30 menit, lalu bakar sebentar hingga harum di atas api. Sajikan hangat.

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts