Laporkan Penyalahgunaan

Mangut Ndas Manyung Kuah Merah


Berbagai macam olahan ikan pedas dari berbagai daerah udah ku coba..akhirnya balik2 ke selera asal...paling favorit..ya tetep..olahan mangut ikan dari Jawa Tengah. Memang mangut ini..rasanya khas dan enak sekali..kuahnya pedas..dan gurih..bercampur aroma asap dari ikan pari, manyung ataupun lele asap...sungguh jadi suatu perpaduan rasa dan aroma kuah santan yang khas dan sangat nikmat. Mangut di nikmati di musim penghujan yang dingin begini..cocok banget dech..segar dan pedas menghangatkan badan. 

Daerah Jawa Tengah..terutama sekitar pantura..memang penghasil ikan asap. Tiap hari ikan asap berbagai jenis tersedia di pasar. Salah satu olahan ikan asap..favorit kami..terutama suamiku adalah ndas manyung asap. Kalau liat mentahnya sich rada serem..gede2 dan item..hihi..tapi kalau udah di masak..lupa dech penampakan seremnya..karena jadi olahan yang enak, pedas dan segar. Ndas manyung ini..ukurannya ada yang super besar..karena ikan manyung memang bisa berukuran besar. Tapi kemaren di pasar adanya yang ukuran kecil2..wah..malah enak pikirku.nggak perlu panci besar dan kuah banyak masaknya. Soalnya..kalau yang ukuran besar tuch..masaknya musti pakai panci yang besar..terus kuah dan bumbunya juga harus super banyak..supaya kuahnya bisa merasuk ke ikan dan terasa bumbu2nya.Kalau kecil2 gini..malah enak..masaknya Ada berbagai versi olahan ikan ndas manyung seperti ini di Jawa tengah...ada yang bumbu2nya di iris..ada yang kuahnya agak kuning..ada yang juga yang berkuah merah kayak yang aku masak kemaren. Semuanya enak, tapi suamiku paling suka di masak kuah merah begini..karena penampilannya jadi menggoda selera..dan pedasnya lebih terasa..karena cabainya di ulek halus.

Ndas manyung adalah bagian kepala ikan manyung. *Ndas* dalam bahasa Jawa berarti kepala. Ndas manyung ini..biasa di jual dalam keadaan sudah di asap...karena ikan manyung memang termasuk ikan yang baunya agak amis..makanya perlu di asap..untuk mengurangi bau amisnya. Nah..dengan di asap..ikan juga lebih awet.dan hasil sampingannya..aroma asapnya itulah yang justru semakin enak ketika di masak. Ikan manyung adalah ikan yang di sebut juga lele laut..karena sama2 berkumis kayak ikan lele tawar..tapi ukurannya..jauh lebih besar dari ikan lele air tawar..makanya..satu ndas manyung kalau ukurannya besar..harganya bisa mencapai 20 sampai 30 ribu. Kemaren aku dapat ukuran cuma kecil..cuma 4 ribu per biji. Selain ndas atau kepalanya..daging ikannya juga banyak di jual dalam bentuk ikan asap potongan..atau ada juga yang di asinkan..jadi ikan asin. Buat teman yang belum pernah liat kepala ikan manyung asap..kayak gini nich..cuma ini ukuran kecil..jadi nggak terlalu meyeramkan..hihi. Soalnya aku pernah beli ukurannya gede banget..wah..kayak ikan monster dech..hihi.

Resep Mangut Ndas Manyung

Bahan :
3 buah ndas manyung ukuran kecil
10 buah tahu goreng segitiga
1000 ml santan kelapa sedang
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
Kaldu bubuk 1 sendok teh dan garam secukupnya
Gula merah 1/2 sendok makan
Bawang merah 10 buah, iris tipis
Bawang putih 4 siung, iris tipis
Cabai merah keriting 20 buah dan 2 cm kencur, ulek halus ( sesuai selera pedasnya )
Cabai rawait 5 buah
Petai 1/2 papan, kupas

Cara membuat :
Tumsi bawang merah dan putih ingga matang dan harum, masukkan cabai halus, tumsi hingga benar2 matang. Tuangi santan, masukkan bumbu2 lain. Tunggu hingga mendidih, lalu masukkan ndas manyung, cabai rawit dan petai. Masak hingga meresap dan kuah meyusut dengan api kecil. Koreksi rasa. Sajikan hangat dengan nasi putih...yummy..! ^^






Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts