Laporkan Penyalahgunaan

Gurame Acar Kuning Pedas



Masak apa hari ini teman2..? Aku masih seadanya nich..belum sempat ke pasar..membayangkan ke pasar hujan2 gini..kok males banget. Akhirnya tadi cuma dapat ikan gurame satu dari tukang sayur..ya udah di masak acar kuning aja..kebetulan lagi pengen makan yang pedes2...buat ngobati pahit nich lidah...harus makan makanan yang berbumbu kuat. Tapi..walaupun gurame acar kuningnya udah aku kasih cabe banyak2..karena nggak di ulek..ya tetep aja kurang nendang pedesnya..hihi. Kalau bumbu acarnya sipp sich...aku buat kering..nggak kayak biasanya yang aku buat berkuah. Jadi di masaknya lebih lama sehingga bumbu2 mengental dan menyelimuti ikannya. Bumbu acar kuning yang kering ini..bisa di lanjut jadi olesan bumbu ikan bakar juga lho teman2. Tapi kalau mau di bakar..goreng ikannya jangan terlalu kering ya. Setelah di balur bumbu acar kuning yang sudah di masak..lalu di bakar seperti biasanya.

Sajikan ikan gurame acar kuning ini dengan lalapan atau tumis kangkung...yummy. Untuk hari ini..udah lumayan lah.ketolong sama pedes..udah mau makan lagi nasi. Mungkin besok perlu bikin *oseng2 mercon* nich..yang super pedas itu..biar selera makan biasa pulih kembali. Moga2 besok nggak hujan biar bisa ke pasar dan bisa nye tok bahan2.

Oke..jika bosan olahan ikan goreng biasa..cobain dech di masak acar kuning gini teman2..ini dia resepnya ya..^^

Gurame Acar Kuning

Bahan :
1 ekor ikan gurame ( rendam dengan garam dan bawang putih halus secukupnya )
10 buah cabai rawit merah
10 butir bawang merah ukuran kecil, biarkan utuh
2 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
1/2 sendok makan gula pasir ( sesuai selera )
1 sendok teh cuka masak
1 sendok teh kaldu bubuk atau garam sesuai selera
Air 200 ml
Bumbu halus :
6 butir bawang merah
6 butir kemiri
3 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica butiran
2 cm kunyit
2 cm jahe
Cara membuat :
Goreng ikan gurame hingga kering. Sisihkan.
Tumis bumbu halus, masukkan air dan bumbu2 lain. Masak hingga mendidih. Masukan ikan goreng, masak hingga bumbu meresap..dan kuah menyusut. Koreksi rasa.
Sajikan hangat dengan nasi putih dan tumis kangkung ..^^ 

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts