Laporkan Penyalahgunaan

Elpiji Naik..Emak Emak Menjerit..hihi

Wah....kado tahu baru nich buat Emak2 rumah tangga kayak kita ya teman2...dari pemerintah..elpiji naik...ada yang sampai 130 ribu ya harganya. Gimana dengan di tempat teman2..sampai berapa harga elpiji yang 12 kg ? Aku belum tahu di sini..karena gas beli bulan kemaren masih nich..^^

Tapi ya ..kita bisa berbuat apa ya..kalau sudah keputusan dari yang di atas..hihi..jadi terima saja..walau jadi pusing..pasti harga2 lain..segera menyusul naik..misal..bahan pangan olahan..dll. Jadi..mulai sekarang..harus lebih berhemat nich teman2..hihi..bikin sendiri aja apa2 di rumah ya..jika punya waktu.

Oh ya..selain itu..ada lagi lho..ya bisa kita lakukan untuk menghemat pengeluaran..yaitu dengan menghemat gas elpiji. Aku kasih tips menghemat gas elpiji ala aku ya..walaupun kadang aku juga suka teledor..hihi..kalau masak di sambil online..pernah gosong juga..tapi next time..akan lebih berhati2 dech.

Tips menghemat elpiji ..:
  • Dari tukang gas langgananku..di sarankan agar tabung gas elpiji..jangan langsung di letakkkan di lantai yang dingin..tapi di beri alas..misal kayu atau stereofom. Kenapa begitu?..Karena..katanya..kalau langsung menyentuh lantai tabungnya..gasnya bisa membeku dan berubah menjadi padat..jadi bisa cepat habis...atau seolah2 habis..padahal belum tentu beneran habis..karena ya membeku itu tadi gasnya. 
  • Gunakan nyala api gas secukupnya saja..sampai nyala api menyentuh dasar panci..dan alat masak lain..kecuali kalau bikin nasi goreng ..aku pasti dech gemes..pengen nyalain api gede..biar cepat matang..hihi.
  • Mulai memanfaatkan alat2 lain yang tanpa gas untuk memasak..misal..slow cooker. Alat ini multi fungsi kok..bisa memasak makanan yang butuh waktu lama untuk memasaknya..yang biasanya ngabisin gas..misal..untuk membuat kaldu..membuat bubur..membuat rendang, ngungkep ayam, dan olahan daging lain..dll. Caranya..misal buat masakan yang perlu di tumis dulu bumbunya..nggak masalah..tumis dulu di kompor biasa..baru setelah itu proses pemasakan..di lanjutkan di slow cooker. Beres dech..bisa di tinggal ke mana2 atau tinggal tidur pula..tanpa kawatir gosong..hihi. Slow cooker ini juga hemat listrik kok..cuma 70 watt nya. Irit kan teman. Atau bisa juga memaksimalkan oven..bikin masakan apa2 di panggang aja,..selain hemat gas..hemat minyak juga..dan lebih sehat..hihi.
  • Masak sekaligus banyak...terus di simpan dech buat stock..misal..buat rendang...dikit atau banyak kan..gas nya sama ya yang di pakai..jadi..lebih baik jika suka rendang ..bikin aja beberapa kilo sekalian..terus kalau udah matang..simpan di freeser..jadi kalau sewaktu2 di butuhkan..tinggal di panasin dech. Atau ayam ungkep..bikin nugget dll..bikin aja selaian banyak..buat stock di freezer..jadi nggak bolak balik masak pakai gas yang lama kan.
  • Masak campur2 efisiensi..hihi. Misal..bikin ungkep ayam..sekalian aja..ungkep tahu..tempe..jadi dech dua atau tiga macam lauk..sekali masak. Bikin opor..sekalian tambahin telur..tahu..dll. hari ini di makan ayamnya..besok..sisanya kan masih ada opor tahu dan telur..hihi.
  • Jangan masak di sambi online kayak aku ya teman..di jamin bakalan lupa dan gosong..hihi..*tips nggak penting kalau ini ya..hihi..*..atau kalau di sambi2 online atau ngerjain hal lain..pasang dech weker dapur..pasti aman.
Oke..semoga bermanfaat ya..sedikit tips2nya teman2..yang penting tetap semangat masak ya..walau gas jadi mahal..berdoa saja ..semoga di tahun 2014 nanti nggak ada kenaikan kenaikan lain ya..misal listrik..dll. Kalau harga barang sich..udah otomatis ya..selalu naik..nggak bakal dech jadi turun...hihi.
Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts