Laporkan Penyalahgunaan

Donat ubi


Wah..besok..anak2 udah mulai back to school..ya teman..alias kembali ke sekolah..waktunya nggak bisa santai2 lagi bangun siang nich buat ibu2..karena pasti harus nyiapin bekal..siapin anak2 berangkat sekolah..nganter..nemenin belajar..dll. Oke..semangat ya..jika kita emak2nya semangat..anak2 pasti semangat juga dech ke sekolahnya..^^

Oke..inspirasi bekal hari pertama sekolah besok..donat lagi aja ya..tapi kali ini pakai ubi. Enak juga lho..nggak kalah di banding donat kentang. Tapi kali ini..back to basic ya..resepnya..alias pakai di uleni teman2. Tapi nggak susah kok..kalau udah biasa..nguleni adonan..nanti reflek kok..tau adonan itu yang kalis dan elastis kayak gimana. Aku aja..kadang2 mau buat kulit pastel..lha kok reflek mau nguleni..untung ingat..kulit pastel kan nggak boleh di uleni..hihi..nanti malah jadi liat dech.

Oke...selamat mencoba..dan selamat kembali bersibuk ria dengan si kecil..yang mulai sekolah lagi ya teman2..^^
Donat Ubi

Bahan :
300 gram tepung terigu protein tinggi
1 1/2 sendok teh ragi instan 
50 gram gula pasir
15 gram susu bubuk
1/2 sendok teh baking powder
150 gram ubi kuning kukus, dihaluskan
1 butir putih telur ukuran kecil
2 butir kuning telur
100 ml air es
35 gram margarin
1 sendok teh garam
Minyak  untuk menggoreng

Bahan Olesan:
100 gram buttercream ( resep menyusul ya )..atau pakai coklat leleh aja praktis

Cara membuat :
Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, susu bubuk, dan baking powder. Aduk rata. Tambahkan ubi. Aduk rata.
Tambahkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Masukkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. ( jika di banting2 mudah kembali adonannya atau nggak mudah putus jika di tarik ) Diamkan 15 menit.
Kempiskan adonan. Giling adonan setebal 1 cm. Potong dan bentuk sesuai selera ( aku pakai cetakan donat aneka bentuk ) Letakkan di loyang yang ditabur tipis tepung terigu. Diamkan 45 menit sampai mengembang.
Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.
Oles atasnya dengan buttercream / celup coklat leleh.
Taburi dengan meises. Donat ubi ini paling enak di nikamti saat masih hangat..rasanya lembut dan empuk. Tapi jika mau buat bekal anak..simpan di wadah tertutup.supaya nggak mudah kering ya.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts