Laporkan Penyalahgunaan

Churros Ubi..Renyah..Garing di luar..Lembut di Dalam..^^


Happy long weekend ya teman2...pasti seru nich kumpul bareng keluarga di hari libur..^^
Butuh cemilan..ayukk bikin churros yukkk...kali ini versi churros yang Indonesia saja..alias kayak sus goreng gitu..di campur ubi..wah..enak banget lho..di celup coklat leleh atau di tabur gul ahalus dan kayu manis...enak banget...di makan anget2..pas musim hujan..pas keluarga pada ngumpul di rumah semua..asyik..!^^

Di banding churos resep luar yang aku coba kemaren..aku lebih suka yang versi Indonesia ini..hihi..soalnya lebih enak..nggak terlalu banyak pakai margarinnya..dan lebih terasa gigitannya..karena lebih padat, nggak kopong banget gitu..karena di tambah ubi..jadinya..kalau habis di goreng itu..rasanya enak banget..kres..kres..garing di luar..dan lembut di dalam..kriuk enak gitu..perpaduan rasa antara donat ubi dan kue sus..jadi unik banget. Di celup coklat leleh...tambah enak..anak2 pasti nggak bakal nolak. Kalau aku sich..suka rasa original di tabur gula halus dan kayu manis..nyam2 dech.

Oh ya..tips...biar churos hasilnya garing dan renyah luarnya..nggorengnya musti pakai api kecil ya teman2..tapi minyak harus di panaskan sampai pans bener..supaya bisa ngembang churrosnya. Terus goreng sampai benar2 sering dan matang..biar nggak lembek hasilnya. Kemaren pertama aku api kegedean,..hasil churrosnya rada lembek malah..karena di paksa cepat mateng dalam minyak yang terlalu panas..kayak gorengan biasa..terus setelah api aku kecilin..just perfect..jadi garing di luar..dan lembut bagian dalamnya..bisa ngembang bagus juga. Oh ya..kalau mau churros aneka bentuk..bisa pakai sutil donat kayak yang aku pakai, bentuknya bisa bulat bolong tengah gitu..celup dulu sutilnya di minyak panas..terus spuitkan melingkar ke cetakan. Tapi jika nggak ada..yang di spuit panjang2 aja langsung ke minyak..seperti aslinya churros..bentuk panjang2. Atau mau di bentuk lope lope..juga bisa..di spuitkan dulu bentuknya di serok..lalu tinggal masukkan ke minyak pas..beres dech. Churros ini kalau masih sisa..simpan di kulkas..terus kalau mau makan..panasin sebentar di oven..bisa enak lagi di nikmati hangat2. Selamat mencoba ya teman2..jika suka..^^
Churros Ubi

Bahan :
Ubi kuning 150 gram
Tepung terigu protein sedang 200 gram
Baking powder 1/2 sendok teh.
Margarin 75 gram
Air 200 ml
Garam 1/4 sendok teh
Telur ukuran besar 3 butir
Garam 1/4 sendok teh
Gula pasir 1 sendok makan
Vanili bubuk 1 sachet kecil
Gula halus dan kayu manis utuk taburan atau coklat leleh untuk celupan

Cara membuat :
Kukus ubi hingga matang, haluskan selagi panas dengan garpu.
Ayak tepung terigu dan baking powder 
Campur air, margarin, garam, gula dan vanili dalam panci, lalu masak hingga margarin leleh, kecilkan api, masukkan tepung terigu dan baking powder, aduk rata hingga jadi adonan yang kalis. Matikan api..angkat.
Biarkan agak hangat, masukkan ubi dan telur satu persatu..sambil di kocok hingga rata dan adonan halus dan lembut. Masukkan ke dalam kantong plastik segitiga yang di beri spuit bentuk bunga sesuai selera ( aku pakai spuit 1 M ). Panaskan minyak..celup sutil donat ke minyak panas..spuitkan adonan ke sutil melingkar...lalu goreng di minyak panas api kecil sampai mengembang dan renyah. Jika tidak ada sutil donat..bisa langsung di spuit ke minyak bentuk panjang2 atau di bentuk dulu sesuai selera di serok.
Celup dengan coklat leleh atau taburi dengan gula halus dan kayu manis. Sajikan hangat2...yummy..! ^^





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts