Laporkan Penyalahgunaan

Bakpao isi Ayam Jamur


Yuhuuu..Happy new year teman2 !!...Semoga tahun 2014 semakin baik semuanya ya..wish you all the best in 2014.Postingan pertama nich di tahun 2014..kemaren libur di rumah aja..pada males makan nasi..akhirnya bikin  bakpao aja...buat makan malam..biar bergizi..bikin bakpao isi ayam jamur. Tapi tetep..buat Yodha minta di isi coklat juga..hihi. 

Bakpao isi ayam jamur ini favorit suamiku. Kalau aku..sebenernya lebih suka isi kacang hijau..tapi tetep doyan juga sich..isi ayam jamur gini..enak dan gurih. Bakpaonya lembut menul2...walau aku kurangi waktu fermentasinya..fermentasi ketiga aku skip..karena udah keburu malem..pada laper..kelamaan kalau nunggu sampai 40 menit lagi..hihi. Tapi..buat teman2 yang baru belajar membuat bakpao..lebih baik ikuti resep ya..waktu fermentasinya..untuk jaga2, misal adonan kurang kalis..dll..jadi hasilnya bisa mengembang adonannya. Kalau aku sich yakin aja kemaren..soalnya hasil ulenanku kalis dan elastis..terus aku cek setelah 30 menit udah berserat adonannya..ya udah..pede aja..langsung aku kukus setelah di bentuk. Hasilnya..no problem..lembut dan menul2 bakpaonya.

Oke..buat teman2 yang suka bakpao..yukk di coba ya..enak lho..di makan hangat2 di tahun baru yang seharian masih hujan nich..^^


Bahan isi ayam jamur kecap :
100 gram daging ayam, direbus dalam 500 ml air, dipotong kotak kecil
150 gram jamur tiram
1/2 buah bawang bombay, dicincang kasar
2 siung bawang putih, dicincang kasar
1/2 sendok makan saus tiram
1 sendok makan kecap manis
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh garam / kaldu bubuk jika suka
1/2 sendok teh merica

Cara membuat :
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Tambahkan ayam. Aduk rata. Tambahkan saus tiram, kecap manis, garam, dan merica serta gula. Aduk rata. Tuang sisa air rebusan ayam. Masak hingga meresap. Koreksi rasa. Sisihkan.


Adonan kulit bakpao :
250 gram tepung terigu protein rendah
65 gram tepung tang mien
50 gram gula tepung
20 gram susu bubuk
6 gram (11/2 sendok teh) ragi instan
1/2 sendok teh baking powder
1 putih telur
150 ml air es
30 gram mentega putih
1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
Campur tepung terigu, tepung tang mien, gula tepung, susu bubuk, ragi instan, dan baking powder. Aduk rata.
Masukkan putih telur dan air es sedikit – sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan mentega putih dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
Kempiskan adonan. Timbang masing – masing 25 gram bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
Pipihkan adonan. Beri isi secukupnya. Bentuk bulat. Letakkan di atas kertas. Diamkan 40 menit sampai mengembang.
Kukus 10 menit di atas api sedang sampai matang.

Note :
  • Adonan setelah di uleni sampai elastis...jika di bentuk bulat..harus bisa licin seperti ini ya teman2.  Jika bocel2 dan nggak licin..berarti nguleninya kurang kalis.
  • Setelah adonan didiamkan selama 30 menit...adonan jadi lebih lembut, mudah di bentuk dan jika kita buka adonan dengan dua tangan...adonan yang berhasil dan bagus..akan muncul serat2  seperti ini. Inilah yang membuat bakpao bisa berpori dan lembut.
  • Tepung tangmien..wajib di pake..jika mau bakpao putih dan lembut.
  • Tepung tang mien adalah tepung yang terbuat dari pati gandum, dengan warna yang lebih putih dan tekstur yang lebih halus dari tepung terigu. Tepung ini sering digunakan untuk membuat kulit hakau (dim sum udang). Tepung ini membuat warna kulit hakau jadi transparan dan teksturnya lentur. Makanan yang diolah dengan tepung ini sebaiknya selalu berada di dalam alat pemanas sebelum disajikan, misal..ya bakpao ini. Jika masih ada sisa bakpao..sebaiknya segera simpan di wadah tertutup..simpan di freezer. Jik amau di hidangkan lagi..tinggal di kukus lagi sebentar, maka bakpao akan tersaji hangat dan lembut kembali. 



Noted : Jika teman2 kesulitan cari tepung tangmien.aku jual lho secara online..jadi bs krm ke seluruh Indonesia. Email aja di bundadidi@gmail.com ya..atau isi contact form di pojok kanan atas web ini ya...^^



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts