Laporkan Penyalahgunaan

Ayam Goreng Kunyit Plus Sambal Dadak



Kemaren...tahun baru seharian hujan..walau nggak deras banget sich..tapi awet hujannya. Liat stock laut di freezer kosong..mau tidak mau harus keluar dech belanja. Mau ke pasar..kok males..becek..hujan2..tukang sayur juga pada libur..akhirnya..ke Superindo aja..deket rumah. Memang sich..di daerah Semarang atas nich..kalau mau ke pasar modern banyak pilihan..ada supermarket ADA di Setiabudi..lurus dikit ke Carefour..dari rumah cuma 15 menit..cuma males kadang musti nyebrang jalan raya Setiabudi yang crowded banget karena memang jalus lintas dari Semarang ke luar kota. 

Untung dech sekarang ada superindo di jalan Sukun raya..belakang Pizza Hut jadi..nggak perlu nyebrang ke jalan raya..bisa belanja macam2 bahan lauk dan sayuran segar ..komplet..sampai beli ikan hidup aja..bisa minta di bakarin langsung di situ..enak..kalau lagi males mbakar ikan sendiri. Tapi..memang biasanya aku kalau ke situ belanja bahan2 kering aja kebutuhan dapur..kalau beli daging..ayam..dll ya lebih sering ke pasar atau ke toko daging yang fresh gitu. tapi..karena kemaren terpaksa malas ke pasar ..ya akhirnya beli ayam di situ..pejantan..satu ekor..malah lebih murah dari pasar ternyata..hihi..kalau di pasar 35 ribu..di superindo..kok cuma 29 ribu..langsung..ambil dech..* Mak Irit banget..*. Tapi aku liat sich masih fresh juga ayamnya..kayaknya baru nyetok gitu..jadi nggak ragu dech buat beli. 

Sampai rumah..di masak yang cepat aja..jadi ayam goreng. Biar judulnya beda..di bumbu kunyit aja..hihi..padahal ya..ayam goreng kayak biasanya. Cuma..kalau ayam goreng bumbu kunyit ini..lebih minimalis bumbunya...dan banyak pake kunyitnya..jadi warnanya bisa kuning cantik...dan citarasanya gurih..nggak terlalu manis..kayak ayam bacem..atau resep ayam lain yang sering aku masak. 

Nah...sambalnya yang cepet aja..sambal dadak ala Sunda..enak..seger dan cepat bikinnya. Jika tidak suka langu cabe mentah..sambalnya bisa juga di siram minyak panas..hilang dech bau langunya. Tips menggoreg ayam supaya lebih enak..goreng di minyak banyak dan api besar..jadi goreng sebentar saja..asal bagian kulit luar berkulit dan mengkilat, terkaramel bumbu2nya. Sehingga ayam gorengnya bisa tetep lembut dagingnya. Jika di goreng terlalu lama dengan api kecil..ayam goreng bisa jadi keras dan liat. Goreng ayam sesaat sebelum di sajikan.



Selamat memasak teman2..^^
Ayam Goreng Kunyit 

Bahan :
1 ekor ayam kampung atau pejantan
800 ml air ( air biasa plus air kelapa ..lebih enak )
Daun salam 2 lembar
Lengkaus 2 cm, memarkan

Bumbu halus :
5 cm kunyit bakar
7 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri, sangrai
1 sendok teh ketumbar
Kaldu ayam sedikit jika suka untuk memantabkan rasa.
Garam sesuai selera
Gula merah 1 sendok teh

Cara membuat :
Campur ayam dan bumbu serta air, ungkep di api kecil hingga air habis dan bumbu meresap. Goreng di minyak panas sebentar saja. Sajikan dengan sambal dan lalapan.
Sambal dadak :
5 butir bawang merah 
6 buah cabai merah besar
1 sendok teh terasi bakar
4 buah cabai rawit merah
1 buah tomat merah
1/2 sendok teh garam ( sesuai selera )
1 - 2 sendok teh gula merah ( sesuaikan selera masing2 ya )
1/2 sendok teh air jeruk limau

Ulek semua bahan sambal kecuali jeruk limau, koreksi rasa. Jika tidak suka langu cabe mentah, bila sudah pas manis asinnya..siram dengan minyak panas sedikit agar tidak langu cabenya, lalu kucuri dengan jeruk sambal.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts