Laporkan Penyalahgunaan

Wedang Tahu


Masih lanjut postingan olahan dari sari kedelai ya teman2..kali ini wedang tahu. Produk lanjutan sich sebenernya dari susu kedelai tawar. Lha kemaren itu beli kedelai 250 gram..kok ya langsung aku rendam semua..padahal kalau di buku resep dari soya milk makernya tuch..segelas cuma butuh sedikit aja kedelainya. Akhirnya jadi 2 liter lebih kemaren susu kedelainya. Nggak mungkin kan keminum semua bertiga..hihi. Akhirnya sebagian di buat wedang tahu ini buat minuman sore hari..dan sebagian lagi aku buat egg tofu.

Wedang tahu adalah minuman khas peranakan..aslinya kurang pasti juga dari mana..yang jelas..di Semarang banyak penjual wedang tahu..tapi di Jakarta ada juga kayaknya..atau mungkin juga di daerah lain. Aslinya kembang tahu ini dari susu kedelai tawar..yang di fermentasi dengan di tambah bubuk sekau, sehingga bisa menggumpal dan menhasilkan gumpalan seperti tahu sutra atau puding yang lembut gitu. Cuma aku udah pernah uji coba pakai sekau ini..belum berhasil dengan maksimal..akhirnya..pakai cara praktis saja..yaitu pakai agar bubuk. Susu kedelai di campur agar2 bubuk..kemudian di didihkan. Setelah itu dinginkan sambil di rendam air. 

Asalkan begitu mengeras langsung di nikmati dengan kuah jahe..rasa wedang tahu yang pakai agar2 ini..nggak jauh beda dengan yang asli pakai sekau..rasanya lembut..membelai lidah, tekturenya kayak tahu sutra. Tapi..jika sudah beberapa jam..ya agak mengeras..jadi kayak puding yang lembut. tapi masih tetep enak sich. Wedang tahu ini di nikmati dengan kuah dari gula merah , jahe dan pandan sehingga rasanya enak..hangat dan menyegarkan. Pas banget dech di nikmati sore2 di musim penghujan gini. Jika tidak ada susu kedelai homemade..bisa kok pakai susu kedelai siap pakai yang banyak di jual di pasaran..tapi pilih susu kedelai segar yang tawar ya..agar lebih fresh hasilnya. Selamat mencoba..^^
Wedang Tahu Versi Pakai Agar Agar

Bahan :
600 ml susu kedelai
400 ml air
1 bungkus agar2 bubuk
1/2 sendok teh garam

Bahan kuah jahe :
Gula merah 200 gram, sisir halus
Air sesuai selera ( sesuaikan tingkat kemanisan yang di inginkan )
Daun pandan 2 lembar
Jahe 50 gram, bakar, lalu geprek
Garam1/4 sendok teh

Cara membuat :
Campur susu kedelai, air, garam, dan agar agar bubuk, aduk rata dan didihkan sambil di aduk agar susu kedelai tidak pecah. Tuang ke loyang atau mangkuk. Dinginkan sambil di rendam air supaya cepat menggumpal dan mengeras. Begitu mengeras segera sendokin dan sajikan dengan kuah jahe. 
Yummy dan seger..!


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts