Laporkan Penyalahgunaan

Tips Membuat Susu Kedelai Homemade



Dulu..paling males bikin susu kedelai sendiri..karena harus ribet nyaringnya itu lho..hihi..malas banget. Soalnya kalau nggak pake saringan kain nggak bisa halus susu kedelainya. Akhirnya..setelah daku tergoda produk gadget dapur dari sebuah home shopping dan akhirnya pesan juga..hihi..kumat..belanja gadget dapur baru lagi akhirnya..hihi. Tapi menurutku memang agak lumayan ekonomis sich harga gadget dapur yang ku beli ini..satu harga..dapat 7 alat sekaligus..ada juicer..blender..soya milk maker, food processor, meat mincer, grinder, orange juicer. Eh...malah di iklan terbaru di bulan Desember ini..tambah satu bonus..mixer blender..wua...nyesel...kok nggak beli bulan Desember ini aja..hihi..*pikiran mak irit..kumat..*

Tapi memang..sejak punya alat buat bikin susu kedelai jadi super praktis dan nggak perlu ribet. Sebenernya sich..kalau mau telaten..bikin susu kedelai itu juga nggak susah2 banget sich. Cuma..kalau ada alat yang lebih praktis..ya aku pilih aja yang lebih praktis..hihi. Kalau pakai soya milk maker ini..nggak perlu nyaring2 pakai kain lagi..karena di dalam blendernya sudah ada penyaringnya yang halus banget lubangnya..kayak lubang2 kain dech. Jadi cukup sekali blender..keluar udah jadi susu kedelai siap minum. Karena memang resep yag aku dapat dari buku resep di alat ini super praktis. Tinggal rebus kedelai hingga setengah matang, lalu di blender dengan air dan gula secukupnya. Kalau mau rasa lain misal strawberry tinggal di blender sekalian buah strawberrynya. Praktis banget sich. tapi..karena aku suka susu kedelai yang nggak terlalu langu..maka aku ikuti proses membuat susu kedelai konvensional sebagian prosesnya..yaitu pertama aku rendam dulu kedelainya sampai mekar, lalu di kuliti hingga bersih kulit luarnya. Ini yang membuat susu kedelai nggak langu. Setelah itu baru akau rebus setengah matang, lalu di blender dengan air hangat secukupnya. Sudah..jadi..siap minum dech susu kedelainya..dengan di tambah gula atau madu. Kalau aku..lebih suka ku kasih sirup gula merah yang aku rebus dengan jahe dan daun pandan serta sedikit garam. Jadinya susu kedelainya..enak..manis alami dan tambah gurih rasanya. 

Oh ya..jika mau buat susu kedelai secara biasa..di saring dengan saringan kain bersih ya teman2..supaya nggak berampas susu kedelainya. Jika mau buat dalam jumlah banyak..setelah di kupas kulit arinya..bisa di blender langsung kedelainya dengan air hangat secukupnya, lalu di saring. Setelah itu hasil saringan di rebus sampai mendidih. Jika mau kaya rasa, bisa di tambahkan jahe dan daun pandan serta sedikit garam. jadi dech..susu kedelai homemade yang sehat. Oh ya..susu kedelai bisa juga di buat wedang tahu lho teman2..yang di makan dengan kuah jahe..rasanya..enak sekali, lembut dan hangat..cocok dech buat musim2 hujan gini..atau bisa juga di buat tahu telur.

Selamat mencoba ya teman2..semoga bermanfaat sedikit tipnya..pokoknya selalu berprinsip..homemade is the best..^^


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts