Laporkan Penyalahgunaan

Tepung Sagu Versus Tepung Tapioka



Dalam banyak resep yang aku tulis di blog ini..di antaranya banyak yang memakai bahan atau campuran tepung sagu. Nah..banyak juga nich teman2 yang komen atau email..nanyain tepung sagu itu kayak gimana..beda nggak sama tepung tapioka..dll..sampai ada yang susah nyarinya...dll. Mumpung aku lagi punya tepung sagu nich...jadi keingatan buat motret kedua tepung tersebut..semoga bisa jadi gambaran buat teman2..yang selama ini masih bingung ya..apa itu tepung sgau..apa itu tepung tapioka.

Apakah tepung sagu berbeda dengan tapioka?..Jawabannya..iya banget..jelas berbeda. Tepung sagu di buat dari batang pohon sagu yang di esktrak batang kayunya dan di endapkan sari patinya jadi tepung sagu . Sedangkan tapioka..di buat dari singkong..yang di parut / di haluskan..kemudian di endapkan sarinya..jadi dech tepung tapioka. Kalau di Jawa..tepung tapioka ini..di sebut juga tepung kanji. Tapi jangan di samakan juga ya..tepung kanji dengan tepung cassava,..kalau itu beda lagi..kalau itu singkong utuh yang di jadiin tepung..jadi semua bagian singkong..bukan cuma sari pati endapannya saja.

Walaupun berbeda..tapi fungsi tepung sagu dan tapioka ini bisa saling menggantikan kok..misal dalam pembuatan siomay..empek2..dll..jika tidak ada tepung sagu..aku selalu pakai tepung tapioka.
Hasilnya..no problemo..sama enaknya dengan pakai tepung sagu. Jadi..jika susah mencari tepung sagu di daerah teman2..don't worry..be happy.. ya..ganti aja dengan tepung tapioka / kanji...hihi.

Beda tepung sagu dengan tepung kanji apa ya?..Yang jelas..dari bahan yang berbeda..hihi. Tekturenya juga agak beda sedikit sich..kalau tepung kanji tuch warnanya putih bersih dan terasa lebih licin gitu tepungnya di banding tepung sagu. Warna tepung sagu juga agak putih gelap. Dan..dari segi harga juga lebih mahal sich tepung sagu...jadi kadang aku lebih suka pakai tepung tapioka..lebih ekonomis..hihi.

Oke..semoga sedikit info tentang tepung sagu dan tapioka ini bermanfaat ya teman2.

Tepung sagu yang beredar di pasaran, memang merknya masih terbatas..berbeda denga tepung tapioka yang banyak di kemas dengan brand2 tepung merk terkenal...seperti rosebrand dll. Salah satu kemasan tepung sagu yang aku tau yaitu merk Merapi ini..


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts