Laporkan Penyalahgunaan

Tehnik Memanggang Au Bain Marie



Apa yang di maksud tehnik memanggang dengan cara au bain marie..? Buat yang sudah lama menggeluti baking ..mungkin istilah itu sudah terbiasa ya..tapi buat yang baru belajar baking..mungkin masih sedikit bingung dengan istilah asing tersebut. Kemaren aku sempat bikin klappertaart lagi..dan sempat motret pas manggangnya..jadi pengen nulis tentang tehnik mengoven dengan cara au bain marie ini. Semoga sedikit bermanfaat buat teman2 yang baru belajar baking. Tehnik au bain marie adalah istilah dari Perancis, yaitu mengoven dengan tehnik water bath..atau di rendam di air.


Banyak kue2 yang biasa memakai tehnik ini dalam pengovenannnya..misal cheese cake, puding custard..klappertaart, dll. Bisa juga di gunakan untuk memanaskan makanan tanpa harus memasaknya langsung di atas kompor, sehingga menghindari makanan menjadi berkerak atau gosong. Jadi tehnik ini cocok untuk aneka jenis kue yang menggunakan banyak susu dan telur seperti puding custard..creme bulle dll. Tapi tehnik ini bisa juga di gunakan untuk memanggang aneka jenis cake lain..seperti brownies..brownies panggang yang di oven dengan tehnik ini juga menghasilkan brownies yang moist seperti brownies kukus..karena adanya uap air panas dari air yang di letakkan di bawah loyang. Makaroni skotel yang di panggang dengan cara ini juga menghasilkan makaroni skotel yang kering bagian atasnya ..tapi tetep lembut di dalam. Keuntungan dari tehnik au bain marie ini..kue2 akan matang sempurna sampai ke dalamya,...tapi tidaka kan menjadi kering tekturenya. Tapi jika menggunakan loyang bongkar pasang..lapisi dulu ya dengan alumumium foil, supaya air tidak merembes masuk ke kue.

Untuk mengoven dengan tehnik au bain marie ini..pertama kita siapkan dua buah loyang. Loyang pertama harus lebih lebar dari loyang wadah kuenya. Kemudian kita beri air panas sampai setinggi 1/4 loyang kuenya, kemudian kita letakkan loyang yang berisi kue di atasnya..lalu di oven seperti biasa.

Jika proses memanggang di perlukan agak lama..kita harus sering cek..apakah airnya sudah mengering atau belum, tapi jangan di buka2 terlalu sering juga..supaya suhunya stabil, cukup di intip aja lewat kaca oven ya..hihi. Jika air sudah habis..dan waktu pemangganan masih harus berjalan..bisa di tambah air panas lagi. Letakkan loyang di bagian rak di oven paling bawah..agar panas bisa maksimal.

Semoga bermanfaat ya teman..sedikit tipsnya..^^

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts