Laporkan Penyalahgunaan

Tahu Gejrot


Tadi pagi2 ke toko daging langganan..beli sosis buat Yodha..lumayan nich..libur udah mulai laperan terus dia..jadi lebih baik nyetok bahan2 yang dia suka. Sekalian beli saus barbeque..buat sosis panggang..dan buat pizza...hemmm..hujan2 gini..pas banget dech. Enak..di toko daging langgananku nich selain jual daging..sosis..bakso ..dll..juga jual bahan2 dan aneka saus yang unik dari luar yang nggak ada di supermarket biasa..jadi kalau butuh apa2 ke situ aja. tadi mau beli oregano..bay leave dll.. buat pizza..tapi tak pikir2..kalau terlalu origininal..kayak pizza Italy sausnya..Yodha malah nggak suka nanti..hihi..jadi nggak jadi dech..pakai saus tomato concase ala biasa aja ntar bikin pizzanya. Tapi..kalau ke toko itu..tak pernah ku lewatkan..beli tahu pongnya juga..abis enak banget sich..tahu pongya beda..udah gurih banget. Di bikin apa aja enak..atau di makan gitu aja pakai cabe rawit juga enak.

Tapi bukan aku dong..kalau nggak iseng..di buat sesuatu yang baru tahu pongnya. Kemaren udah buat tahu pong ala Semarangan..sekarang..aku buat tahu Gejrot aja ala Cirebon...rasanya..enak banget juga..seger dan pedes..hihi.Pagi2..nyemil pedes2..nggak pa2 kok..kalau buatku lho..hihi..kan cuma di cocolin ke sausnya..nggak perlu di seruput sausnya. Yang penting udah sempat nyendok beberapa suap nasi kebuli sarapan Yodha..beli tadi. Jadi no problemo makan pedas pagi2..hihi.
Tahu gejrot nich jajanan kahs Cirebon ya teman2..biasa banyak di jajakan oleh pedagang keliling ya. Simple aja sich sebenernya makanan ini. Cuma tahu pong goreng..kemudian di siram saus pedas manis..dengan bumbu utama cabe rawit, bawang merah dan bawang putih, serta gula merah dan kecap. Tapi rasanya..enak banget..seger. Bawang merah mentahnya menyumbang aroma dan rasa tersendiri..beda dengan kuah tahu kecap biasanya yang cuma pakai bawang putih. Hemm..yummy dech pokoknya..mendung2 gini makan tahu gejrot..apalagi tahu pongnya kau goreng lagi..jadi masih hangat2 gitu..enak banget..!

Kalau mau buat tahu gejrot ini..sebaiknya pakai tahu pong ya teman2..soalnya dalemnya berongga kalau di goreng..jadi bisa nyerap kuah tahu gejrotnya..jadinya enak. Kalau pakai tahu biasa..nggak bisa berongga nanti tahu gorengnya. Bisa juga pakai tahu sumedang..kan berongga juga tuch. Mau nggoreng sendiri..atau beli tahu pong atau tahu sumedang siap goreng..no problemo..yang penting kuahnya ini yag bikin enak kok. Selamat mencoba ya teman2..jika suka tahu gejrot..^^
Tahu Gejrot 

Bahan :
10 buah tahu pong kotak goreng

Bumbu , ulek kasar :
1 siung bawang putih
3 butir bawang merah
10 buah cabai rawit hijau ( sesuai selera )
Gula merah 1/2 sendok makan
Kecap manis 1 sendok makan ( sesuai selera )
1 sendok teh air asam jawa encer
Garam 1/4 sendok teh
Air 100 - 150 ml

Cara membuat :
Ulek kasar semua bahan bumbu, tambahkan gula merah, kecap dan air panas. Aduk rata. Koreksi rasa..kurang garam tidak..sesuaikan selera.
Potong2 tahu pong, siram dengan kuah kecap pedas. Sajikan.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts