Laporkan Penyalahgunaan

Rondo Kemul..^_^


Wah..udah hari Senin lagi..cepetnya waktu berlalu ya teman2..semangat ya..ya..musti kembali berangkat be-
kerja..ngantor..ntar weekend datang lagi kok..hihi. Kalau aku sich..every day is like a weekend...hihi..lha libur terus. Biasanya Senin nich mesti banyak bahan numpuk di dapur..biasa..kalau hari Minggu..suka ke pasar yang beda yang agak jauh dari rumah...mumpung ada pak sopir..eh pak Bos ding yang nganter..jadi suka kalap..beli bahan2..ini..itu....hihi. 

Kayak kemaren..ke pasar..segala umbi2 di beli..singkong..ubi..labu..dll..hihi..woalah..emak emak banget dech..kalau liat barang murah langsung angkut..:). Tapi nggak pa2 juga sich..buat stock ..jadi kalau mau bikin ini itu kan udah ada bahan. Nah..karena hari Senin suami rajin puasa..jadi bisa aku buat jajan pasar dech aneka umbi2 an tersebut. Rencana mau bikin kue lumpur labu kuning..eh tengok lemari dapur..terigunya tinggal protein tinggi..ya udah..nggak jadi dech. Oha..ya..sekalian colek Mba Herawati..yang nanyain kue lumpur labu kuning..alamat emailnya salah tuch Mba..aku bales..mbalik juga nggak ke kirim..atau tunggu besok aja ya..kalau aku posting kue lumpur labu..sekalian aku sertakan langkah2nya..:)..maaf ya Mba..baru ingat bilang kalau emailnya mbalik ..padahal emailnya udah dari kemaren ya..^^

Akhirnya hari ini bikin jajan pasar yang dari singkong dulu dech..yang nggak perlu tepung..tinggal parut  aja..campur2..jadi dech jajan pasar baru..namanya..Rondo Kemul..hihi..kalau nggak salah ini dari daerah Purwokerto..colek Mba Esti ahh....tul nggak mba?..Namanya bener2 dech..kalau jajanan tradisional Jawa nich.suka banget namain makanan pakai kata ronda..hihi..alias janda. Ada rondo royal..rondo kemul ini..hihi. Kemul..artinya selimut..berarti artinya janda selimut kah?..Atau selimut janda?..atau janda selimutan..hihihi....wis ndak tau lah..apa maskud yang kasih nama jajan pasar ini. Ya jelas..rasanya enak dan legit. Singkong di padu gula merah..terus di disiram santan kental...unik dan enak juga..selama ini kan taunya cuma pakai kelapa parut gitu kalau jajanan dari singkong. Kalau ini di siram areh putih gitu..gurih jadinya. Selamat mencoba ya teman2..jika suka jajanan pasar dari singkong..^^
Rondo Kemul

Bahan :
500 gram singkong parut
100 gram gula merah ( sesuai selera )
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili bubuk
Santan kental instan 75 ml, beri air 25 ml air, rebus dengan sedikit garam hingga mendidih ( aku pakai Bumas..pakai santan segar juga boleh..yang kental )
Daun pisang

Cara Membuat :
Letakkan singkong parut di saringan besar, peras airnya . Campur dengan semua bahan lain, aduk rata.
Ambil daun pisang, beri adonan singkong, bentuk tum, lalu kukus 20 menit.
Buka bungkusan, ganti daun pisangnya, siram dengan 1 sendok santan kental, bungkus tum lagi, lalu kukus lagi selama 10 menit.
Sajikan.

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts