Laporkan Penyalahgunaan

Onde Onde isi Kacang Merah



Onde onde..si bulat chuby ini..siapa yang suka hayo..? Emang nak dech..kue tradisional yang satu ini..aku juga suka kok teman2. Biasanya kan isinya kacang hijau ya onde onde biasanya. Nah..kali ini aku coba isi dengan kumbu kacang merah. Hasilnya..tak kalah enak lho..dengan yang isi kumbu kacang hijau. Oh iya..kacang merah ini juga sangat bergizi lho..buat tubuh kita teman2..nggak percaya..bentar..aku browsing dulu ya..hihi...kandungan gizinya..dan taraa..beneran dech..benar2 sumber gizi yang bagus..terkandung di dalam kacang merah ini..aku kutipin di sini ya teman2..dari Ayahbunda.co.id :
Dalam 100 gram kacang merah terdapat :
•  22,4 gram, karbohidrat 9,3 gram, serat 32,0 gram, asam lemak omega 39,1 gram, protein 3,0 IU vitamin A1,2 miligram, vitamin C 74,0 mikrogram, asam folat 419,0 miligram, kalium137,0 miligram, fosfor 66,0 miligram, kalsium 48,0 miligram, magnesium.

Setiap 100 gram kacang merah kering yang telah direbus dapat menyediakan 9 gram protein atau 17 persen dari angka kecukupan protein harian. Kandungan karbohidrat kompleks dan serat yang tinggi dalam kacang merah membuatnya dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Keren kan teman2.

Oh iya..tapi hati2 ya teman2..jangan mengkonsumsi kacang merah dalam keadaan mentah atau kurang matang ya..karena katanya kacang merah ini juga mengandung toksin alami..yaitu kacang merah mengandung racun alami disebut Fitohemaglutinin. Tapi tenang..ada caranya kok menghilangkan kandungan toksin ini.. :
Rendam kacang merah dan buanglah air rendamannya.
Kemudian rebus dengan air yang banyak dalam panci tertutup selama 2-3 menit, lalu biarkan selama 2 jam.
Buang air rebusan tersebut dan tambahkan air baru hingga kacang merah terendam.
Setelah dua jam terendam, buang kembali air itu dan tambahkan lebih banyak air dan biarkan terendam semalam, lalu masak hingga benar2 matang. Aman dech..siap di masak jadi aneka olahan kacang merah ini.

Jadi..jangan takut dech mengkonsumsi kacang merah teman2..asal kita olah dengan benar..aman kok..buktinya tuch..di Jepang kacang merah nich..jadi salah satu bahan penting lho..buat aneka olahan masakannya..salah satunya..dijadikan pasta kacang merah yang di kenal dengan nama..Angko ( sweet red bean paste )..buat isi dorayaki tuch..dan kue2 lain di Jepang. Jadi..ayukk bikin onde2 isi kacang merah..enak lho..ini dia resepnya ya ..
Onde Onde Kacang Merah

Bahan isi:
100 gram kacang merah, direbus sampai empuk
100 ml santan sedang kentalnya
50 gram gula pasir , disisir halus
1/4 sendok teh garam
1 lembar daun pandan 
Cara membuat isi :
Blender kacang merah dan santan. Masukkan gula, garam, dan daun pandan. Masak sampai kalis. Angkat. Bentuk bola-bola. Sisihkan.
Bahan kulit :
250 gram tepung ketan
50 gram kentang kukus,haluskan
50 gram gula pasir halus
½ sdk teh garam
175 ml air hangat
100 gram wijen
minyak untuk menggoreng

Cara membuat :
Campur tepung ketan, kentang, gula pasir, dan garam, aduk rata.
Tuang air hangat sedikit demi sedikit, sambil di uleni sampai kalis dan licin
Ambil adonan kulit, kurang lebih 20 gram, bulatkan, pipihkan lalu isi dengan adonan isi. Gulingkan di wijen.
Goreng hingga matang dan kecoklatan.
 

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts