Laporkan Penyalahgunaan

Mencicipi Keju Mozzarella dari Australia..^^




Keju...biasanya aku doyan aja sich...tapi nggak begitu suka banget sich..tapi setelah nyicipin keju mozzarella yang dari Australia..oleh2 dari Rima..temanku yang tinggal di Australia..hemmm...jadi suka dech. Rasa kejunya enak banget Rim..makasih ya..jadi bisa nyicip dech keju yang enak. Kemaren aku pakai buat topping pizza...enak banget ! Beda sich..sama keju2 lokal sini..rasanya. Keju mozzarella Australia ini..lembut...soft dan nggak asin ya....pokoknya nggak neg gitu lho menurutku. Kata suami yang penggemar keju..juga enak banget.Wah..seandainya di Indonesia ada merk ini..walau mahal..aku beli dech kalau seenak ini Rim..hihi. Udah ada label halalnya pula..jadi bagus dech.



Mozzarella  adalah istilah umum untuk beberapa jenis keju Italia yang dibuat menggunakan berputar dan kemudian memotong , maka sering disebut verba mozzare Italia berarti "memotong.
Mozzarella segar umumnya putih.Mozzarela adalah keju muda yg lembut sekali, mudah dipotong, dan sering digunakan sebagai topping pizza, spaghetti dll..karena sifat yang mudah leleh jika terkena suhu panas. Ada yang terbuat dari susu kerbau..ada juga yang dari susu sapi. Mozzarella di bufala dibuat dari susu kerbau, sementara mozzarella fior di latte dibuat dari susu sapi yang di pasteurisasi.

Mozzarella segar umumnya berwarna putih, namun dapat berwarna kuning terang tergantung makanan sapi / kerbau yang diambil susunya.Tekstur keju ini lembut dan berkadar air tinggi. Pada umumnya, keju yang dibuat pada hari itu, dimakan pada hari itu juga.Walaupun demikian, keju ini dapat bertahan hingga satu minggu bila direndam air garam. Mozzarella dengan kadar air yang rendah dapat disimpan di lemari es hingga satu bulan, dan dapat bertahan lebih lama bila dijual dalam kemasan hampa udara. Mozzarella berkadar air rendah yang sudah diparut dapat disimpan hingga 6 bulan.Keju ini digunakan pada pizza, lasagna, dll.( Sumber info : Wikipedia ).

Keju Mozzarella dari Australia oleh2 temenku ini,...sudah dalam bentuk parutan..jadi enak dech makainya tinggal di taburi..beda sama yang di jual di supermarket sini tuch biasanya masih dalam keadaan utuh agak lembek..belum di parut..jadi rada ribet dech marutnya buat taburan. Nah..jika teman2 memakai jenis mozzarella yang belum di parut seperti itu..ada tipsnya kok supaya lebih mudah di parut :
  • Simpan keju mozzarella kemasan di dalam freezer selama sekitar 20 menit, agar tekturenya lebih kerasa dan lebih mudah di parut.
  • Gunakan parutan keju berlubang besar..agar hasil parutan tidak terlalu halus dan hancur .
  • Olesi parutan dengan sedikit minyak agar tidak menempel di parutan hasil parutan kejunya.
Keju mozzarella memang enak..cuma di pasaran kita harganya cukup mahal ya teman2..kadang2 seharga satu loyang pizza dech..keju mozzarellanya..hihi. Tapi memang lebih enak dan puas sich..kalau bikin pizza sendiri di rumah. Nah...setelah aku browsing ada lho..ternyata cara membuat keju mozzarella secara ekonomis..yaitu pakai keju chedar olahan..dicampur susu cair..ini dia cara bikin keju mozzarella yang ekonomis..kapan2 mau coba ahh..tapi aku catet dulu resepnya di sini..aku kutip dari okefood.com :

Untuk membuat keju mozzarella dengan harga ekonomis, gunakan keju jenis filling cheese (keju cheddar olahan dengan tekstur lebih lembut) yang ditawarkan di pasaran. Harga keju jenis ini lebih murah. Selanjutnya, simak tahapan membuatnya, seperti dijelaskan Chef Lanny, pemilik sekolah dan pengajar San Merio Treainging Center and Bakery berikut ini:

Cara Membuat Keju Mozzarella Ekonomis

Bahan-bahan:
500 ml susu cair
250 gr filling cheese

Cara membuat:
1. Potong-potong keju atau cukup disendoki karena teksturnya yang lembut.
2. Campurkan keju dan susu dengan cara diblender.
3. Masak sampai mendidih.
4. Keju pun siap diolah sebagai pengganti keju mozzarella







Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts