Laporkan Penyalahgunaan

Membuat Mie Telur Sendiri...Mudah Lho..^^


Bikin mie telur homemade..nggak susah lho teman2...aku tadi..nggak sampai sejam udah jadi dech mie telur homemade yang fresh..yang pulen..enak dan kenyal. Sekaligus menjawab pertanyaan mas Alfan..yang kemaren nanyain cara bikin mie ya..tapi aku taunya bikin mie pakai telur sich..jadi..kalau mas Alfan cuma pakai air..yang mungkin saja..mienya jadi berlendir ya pas di rebus. Itu perkiraanku sich.

Mie telur homemade yang aku buat ini..pakai campuran sedikit tepung sagu juga..jadi hasilnya lebih kenyal..enak dan empuknya pas..pulen gitu pas di masak. Enak dech pokoknya. Cara membuatnya juga mudah saja..adonan cukup di aduk hingga bergumpal. Diamkan 15 menit, kemudain uleni sampai kalis dan rata. Nggak perlu kawatir jika adonan nggak halus banget. Dengan proses penggilingan di mesin mie berulang2..nanti adonan akan halus sendiri. Setelah adonan halus..tipiskan sesuai selera ketebalannya..lalu potong2 pakai alat potong mie kecil di gilingan mie juga..jadi praktis dech..nggak perlu kayak ahli pembuat mie dari China..yang di  banting2 dan di tarik2 pakai tangan gitu..hihi. Kalau itu sich..aku jelas nggak bisa..hihi. Perlu skill khusus dech kayaknya. Jadinya..cukup puas aja dech dengan mie homemade yang pakai mesin gilingan mie. 

Tadi aku tes buat bikin mie goreng Jawa buat Yodha..kebetulan lagi tes akhir semester nich dia..jadi pulang tengah hari. Dan..suka dech..Yodha..enak mienya memang..apalagi di olah jadi mie goreng Jawa..dengan bumbu2 yang meresap gitu. Nanti sore..sisanya mau aku buat cwi mie Malang. Jadi..kalau mau coba mie homamade..ayukk..silahkan..di catet ya resepnya teman2..mudah kok..^^
Cara Membuat Mie Telur Sendiri

Bahan :
250 gram tepung terigu protein tinggi
50 gram tepung sagu / tapioka
2 butir telur
1 sendok teh garam
Air untuk merebus
Untuk taburan : 50 gram tepung terigu protein tinggi
Cara membuat :
Aduk rata semua bahan hingga bergumpal.
Diamkan 15 menit.
Uleni adonan hingga rata dan kalis.
Giling di gilingan mie berulang2 hingga adonan halus. 
Tipiskan sesuai selera ketebalan mienya.
Potong2 di pemotong mie yang kecil. taburi bahan lapisan agar tidak saling lengket mienya.
Rebus 1000 ml air dan 1 sendok makan minyak goreng. Masukkan mie jika sudah mendidih. Masak hingga matang, tiriskan. Mie telur homemade yang pulen dan enak..siap di olah jadi aneka olahan mie..^^










Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts