Laporkan Penyalahgunaan

Kue Mochi Pandan


Mochi....dulu nggak kebayang dech cara bikinnya..kayaknya rumit gitu...tapi ternyata nggak lho. Mudah saja. Yang agak ribet paling membentuknya..karena adonan sangat lengket. Hingga akhirnya aku ketemu triknya..musti pakai plastik..baru bisa rapi membentuk dan mengisi mochinya bisa rapi.

Mochi..di Jepang juga terkenal ya..kalau di Indonesia sich..terkenal nya di Sukabumi..tapi di Semarang juga banyak lho yang jual kue mochi ini. Biasanya di bakery2 gitu ada , atau di pasar pun kadang ada yang jual..mochi homemade. Biasanya mochi..pakai isian kacang dan gula ya..tapi aku kemaren masih punya stock pasta kacang merah..sisa buat kue dorayaki..jadi aku buat aja isian mochi..enak juga. Malah kayak aslinya di Jepang kan..isinya memang pasta kacang merah ya. Cuma bedanya..kalau di Jepang itu..mochinya kok bisa halus2 banget bentuknya. Mungkin adonannya beda. 

Kapan2 mau coba juga bikin mochi asli Jepang..walau kadang ya..belum tentu suka sich..kalau resep asli negara lain gitu. Tapi paling tidak kan nambah ilmu aja gitu dengan mencoba resep kue2 luar. Jadi bisa tau rasa aslinya..dan membandingkan dengan kue2 asli Indonesia..yang kebanyakan lebih enak dech menurutku.
Kayak kemaren aku bikin dorayaki..beberapa kali nyoba resep asli yang dari Jepang..aku coba resep dari beberapa blogger Jepang terkenal..hemmm..menurutku kok malah lebih enak kue pukis..atau martabak mini asli Indonesia...^_^..soalnya kue dorayaki yang asli Jepang itu..adonannya cuma telur dan madu sedikit untuk cairannya..sementara..telurnya nggak di kocok sampai mengembang..jadi berasa bau telur gitu menurutku..lebih enak pancake biasa dech. Jadi kemaren akhirnya udah terlanjur bikin pasta kacang merah banyak..ya udah..sisanya di buat mochi aja..lebih enak dan legit. Aku buat kemaren..sampai hari ini masih lembut dan enak mochinya. Ini aku tulis resep mochinya ya. Isian mochi bisa sesuai selera ya..mau kacang tanah cincang sama gula ..dll.

Mochi Pandan 
Bahan :
200 gram tepung ketan
200 ml air dan 100 ml sirup gula ( di buat dari 100 gram gula dan kurang lebih 50 ml air )
Pasta pandan secukupnya
1/2 sendok teh garam
2 sendok makan mentega putih
50 gram tepung maizena, di sangrai dengan api kecil

Bahan isian sesuai selera : kumbu kacang hijau, kacang merah..atau yang klasik..isi kacang dan gula.

Cara membuat :
Aduk rata tepung ketan, garam, pasta pandan, sirup gula dan air, lalu kukus di mangkuk tahan panas selama 30 menit. Masukkan mentega putih, lalu mixer dengan mixer spiral hingga kalis.
Ambil sedikit adonan, beri isi sesuai selera, bentuk bulat2 dengan tangan di alas plastik, lalu gulingkan ke tepung maizena. Sajikan.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts