Laporkan Penyalahgunaan

Kue Lapis Beras Labu Kuning & Coklat




Kalau ke pasar..aku selalu belanja di mbah2 yang suka bawa hasil panenan sendiri dari kebunnya..misal ubi..singkong..labu dll. Jadi...udah reflek selalu mengiyakan ketika di tawari labu kuning...walaupun cuma beli sepotong..dan belum kepikiran juga kadang mau di buat apa. Seneng aja sich..bisa sedikit memberi rejeki kepada mbah2 yang masih semangat mandiri dan bekerja seperti itu itu. Kayak kemaren ..kok ya di tawari labu kuning..langsung manthuk aja dan aku beli. Karena kemaren belum kepikir mau di buat apa..akhirnya baru hari ini aku buat jajan pasar,..pas..mumpung suami lagi puasa..jadi bisa buat menu pembuka nanti sore.Walau jadinya banyak juga sich..akhirnya tadi ku bagi2 ke mba art ku buat di bawa pulang..dan budhe tukang sayur..^^

Labu kuning nich memang murah meriah bahannya..kadang suka di sepelekan ya teman2..makanya harganya juga murah banget. Memang kalau di olah jadi sayur atau kolak..aku kok kurang suka..tapi kalau di olah jadi aneka kue dan jajan pasar..aku jadi suka si labu ini. Karena selain menambah rasa..tekture..juga warna makanan jadi kuning cantik..alami..nggak perlu pakai pewarna lagi. Jadi aku seneng aja mengolah labu ini jadi aneka jenis makanan. Nah..kali ini aku buat kue lapis tepung beras yang di campur labu kuning ini. Dan hasilnya..cantik dech..warna kue lapisnya jadi kuning genjreng..bagus..di padu warna coklat..pas banget..seneng aja melihatnya. Dan rasanya juga tambah legit dan enak..jika kue lapisnya di tambahin labu kuning. Mau coba teman2..yukk..simak resepnya ya..^^
Kue Lapis Beras Labu Kuning dan Coklat

Bahan :
300 gram labu kuning kukus, haluskan
250 gram tepung beras
75 gram tepung sagu
220 gram gula pasir
1/2 sendok teh garam
1/4 bungkus kecil vanili bubuk
800 ml santan sedang dari 1 butir kelapa 
Coklat pasta 1/2 sendok makan

Cara membuat :
Masak santan hingga mendidih, biarkan hangat. Campur dengan labu kuning, lalu blender hingga halus.
Campur tepung beras dan sagu, tambahkan gula pasir, garam dan vanili, aduk rata. Masukkan larutan labu kuning sambil di aduk hingga rata. Saring hingga adonan halus. Bagi dua adonan, satu adonan tambahkan coklat pasta, satu adonan biarkan kuning.
Tuang satu bagian adonan warna kuning di loyang loaf yang sudah di lapisi plastik, kukus selama 5 menit di api panas sedang. Tambahkan satu bagian adonan coklat, kukus lagi 5 menit. Tambahkan lagi adonan kuning, kukus lima menit lagi, lakukan hingga adonan habis selang seling..adonannya. Setelah adonan terakhir masuk, kukus selama sekitar 20 menit hingga matang. Dinginkan terlebih dahulu, baru di potong2..dengan pisau yang di bungkus palastik..supaya potongannya rapi dan halus.
Sajikan.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts