Laporkan Penyalahgunaan

Kue Krasikan



Krasikan adalah salah satu kue tradisional dari Jawa Tengah. Mungkin di daerah teman2 lain juga ada kali ya..kue sejenis ini. Tapi aku mengenal krasikan ya..udah dari kecil..karena dulu ibu suka bikin krasikan sendiri di rumah kalau ada acara.

Kue krasikan ini termasuk salah satu kue trasional favoritku. Aku emang suka kue2 tradisional dari ketan dari dulu..jadah, wajik..suka ..jenang ketan yang kayak dodol gitu juga suka. Nah..paling suka krasikan ini..karena rasanya unik..ada tekture krenyes2 dari hasil tumbukan beras ketan yang nggak terlalu halus..rasanya malah jadi enak menurutku..hihi. Cuma memnag kalau kue2 begini..yang doyan cuma aku..hihi..suami dan anak..nggak suka. Sampai sekarang kok belum berhasil..membiasakan Yodha suka jajanan tradisional gini. Ya..mungkin banyak pilihan cemilan lain ya lebih enak kali yach sekarang ini..jadi cemilan jadul gini..kurang di sukai anak2...^^

Krasikan di buat dari beras ketan sangrai yang di haluskan, tapi nggak sampai halus banget, dan kelapa parut sangrai juga, kemudian di masak dengan santan dan gula sampai kering, lalu di padatkan. 
Krasikan 

Bahan :
250 gram beras ketan
200 gram gula merah, 1/4 sendok teh garam
300 cc santan 
1/2 sendok makan air kapur sirih
3/4 butir kelapa, parut 

Cara membuat :
Rendam beras ketan semalaman, tiriskan, sangrai dan tumbuk kasar, sisihkan
Sangrai juga kelapa hingga kecoklatan, tumbuk hingga halus.
Didihkan gula merah dan santan, masukkan ketan sangrai dan kelapa halus, garam masak sambil di aduk hingga rata dan keriong .
Tuanga donan di loyang sambil di ratakan dan di tekan2 sampai padat. Dinginkan, baru di potong2 sesuai selera. Sajikan.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts