Laporkan Penyalahgunaan

Bakso Tahu Ikan


Wah..senengnya..setelah punya food processor lagi..walau kecil..tapi cukuplah buat memudahkan urusan di dapur..kalau bikin makanan yang perlu mencincang atau menggiling daging lagi. Dulu punya ku yang lama pecah..jadi cukup lama harus bersabar mencincang2 aneka daging untuk di jadiin aneka olahan..kayak empek2..siomay dll. Sampai berisik dech kalau bikin daging cincang gitu,..kan musti pakai pisau besar dan di cincang2 sekuat tenaga..hihi..kayak orang marah. Sampe mba art tuch bilang..wah..ibu mulai nich..ngamuk..kalau mau bikin siomay..hihi..iya..ngamuk sama ikan tenggiri..di cincang2 habis..sampai halus..hihi. 

Sekarang mah..enteng..nggak nyampe 10 menit..masukin semua bahan ..jadi. So buat teman2..yang lagi pengen beli gadget dapur..food processor nich sebaiknya di prioritaskan ya..hihi..daripada pegel cincang mencincang aneka daging.Banyak lho olahan makanan yang bisa di baut dengan bantuan alat ini..siomay..empek2..rollade..bakso..sosis..otak2 , sampai adonan donatpun bisa pakai alat ini..kalau males nguleni..cuma kau belum coba sich buat adonan donat..cuma liat di iklannya..hihi. Kapan2 tak cobanya dulu dech.

Sekarang bikin makanan dari daging cincang..semudah membuat sambal..hihi..nggak nyambung ya...eh lebih susah buat sambal ding..kan perlu ngulek2 ya..kalau pakai alat gini..semua bahan masuk..proses..jadi dech adonan siomay..bakso..dll. Bener2 menghemat waktu dan tenaga. Jadi..bakalan sering bikin aneka aolahan daging dech. Dari kemaren udah buat empek2.siomay dll..udah keseringan di posting..jadi biar rada beda..bikin tahu bakso aja..hihi. Sebenernya pengen bikin sosis homamade kemaren..resep udah punya..cuma..kok nggak nemu plastik kecil2 panjang buat casing sosis gitu ya..teman2 ada yang pernah liat gitu..yang jual plastik casing sosis gitu di mana ya ?..Aku kok belum nemu di Semarang ini..padahal udah pengen banget bikin sosis homamade..^^

Ya sudah..akhirnya bikin bakso tahu aja dulu ya..hihi..masak ya mau bikin sosis di taruh  loyang..terus di potong2 gitu..bukan sosis dong namanya ya..hihi. Nanti aja kalau udah punya casing plastisnya baru bikin sosis. Tahu bakso yang ku buat ini bakso ikan tenggiri lagi..beneran dech..cinta banget aku sama ikan tenggiri nich..soalnya enak banget di buat apa aja..jadinya..kalau liat ikan tenggiri di pasar..langsung..cling..angkut dech..hihi..soalnya nggak tiap hari ada juga sich..:)
Bakso Tahu Ikan

Bahan :
10 buah tahu pong goreng kotak, potong serong, keruk sedikit bagian tengahnya.
150 gram daging ikan tenggiri yang sudah di bersihkan
50 gram daging ayam bagian dada, potong2 kecil
2 siung bawang putih, haluskan
2 putih telur
1 sendok makan bawang merah goreng
1/2 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir
1 sendok teh garam atau kaldu ayam bubuk jika suka...(atau sesuai selera )
100 gram tepung sagu / tapioka
2 batang daun bawang , iris halus
1 buah wortel, serut halus pakai serutan keju

Cara membuat :
Masukkan ikan tenggiri, daging ayam, bawang putih, bawang merah goreng, bumbu2 lain  dan putih telur , ke dalam food processor..lalu proses hingga lembut. Tuang adonan di mangkuk, tambahkan tepung sagu, daun bawang dan wortel, aduk rata. Koreksi rasa dengan menggoreng sedikit adonan..udah pas belum rasanya.
Jika sudah oke..masukkan ke dalam tahu pong yang sudah di luangi bagian tengahnya, lalu kukus selama 20 menit hingga matang.
Goreng tahu bakso dengan di celup kocokan telur atau adonan tepung.
Tahu bakso yang sudah di kukus bisa disimpan di freezer untuk persediaan.






Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts