Laporkan Penyalahgunaan

Ayam Kecap



Pagi ini..mau keluar cari sarapan kok rada males..karena udah capek kemaren jalan. Yodha juga bangunnya siang tadi..jadi nggak tega mau bangunin..ya udah..tengok bahan aja di freezer..masih ada sayap ayam 1/2 kg. Langsung dech di masak bentar jadi meu favorit Yodha..ayam kecap. Dan..beneran dech..pas Yodha bangun..langsung sarapan dengan lahap..^^

Ayam kecap nich masakan sederhana sich..mungkin teman2 udah sering buat juga ya..tapi nggak pa2 dech di posting aja..siapa tau berguna buat teman yang baru belajar masak dech. Ayam kecap ini kayak semur ayam sich bumbu2nya..tapi kalau aku ..pakai kemiri juga di bumbunya,.jadi lebih gurih dan jika di masak sampai airnya menyusut..kuahnya bisa pekat dan kental..menyelimuti ayamnya. Nah..kuah kentalnya ini juga udah gurih dan enak banget buat lauk nasi..jadi anak2 pasti suka. Jika di masak lebih kering lagi..sampai kuahnya habis..bisa di lanjut..jadi ayam bakar kecap kok..tinggal di bakar aja di bara api teman2..mudah kan..jadi dech ayam bakar kecap yag enak..karena udah di ungkep dulu di bumbu kecap. Jadi bumbu2nya merasuk sampai ke dalam2nya. 

Untuk membuat ayam kecap ini..aku lebih suka bagian sayap ayam..karena lebih enak dan gurih..dan empuk..bagian favorit Yodha sich..hihi. Kalau bagian ayam lain yang enak..bisa paha ayam juga..atau bagian lain juga boleh sich..misal dada atau separo ayam campur2 gitu..asal di potong kecil2..supaya merasuk bumbu2nya ya teman2. Lebih enak lagi kalau pakai ayam kampung dech..tambah gurih. Tapi aku tadi pakai sayap ayam biasa..juga enak kok. Selamat mencoba ya teman2..jika suka.
Ayam Kecap

Bahan :
1/2 kg ayam ( jika bukan bagian sayap, potong kecil2 ya..), lumuri dengan air jeruk nipis, lalu cuci lagi hingga bersih.
4 sendok makan kecap manis ( sesuai selera )
1 sendok teh gula merah
Garam , kaldu ayam jika suka secukupnya
700 ml air biasa / air kelapa

Bumbu halus :
6 buah bawang merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri
1/2 sendok teh merica bubuk

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga benar2 matang dan harum, masukkan ayam, aduk hingga berubah warna, lalu masukkan air , dan bumbu2 lain. Ungkep dengan api kecil hingga kuah menyusut dan mengental. Sajikan hangat. Jika mau di buat ayam bakar, masak hingga kuah habis, dan bakar di bara api sambil di oles sisa2 bumbu yang mengental.

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts